IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengkaji implementasi model Problem Based Learning dengan Lesson Study untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 1 SMAN 3 Selong pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Data diperoleh melalui observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan perhitungan N-Gain. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,32 yang berarti bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model Project Based Learning melalui Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.
Kata kunci: problem based learning; lesson study; kemampuan pemecahan masalah.
ABSTRACT
This research is a classroom action research that aims to examine the implementation of the Problem-Based Learning model with a Lesson Study to improve the physics problem-solving abilities of class X students. This research was conducted in class X MIPA 1 SMAN 3 Selong in the even semester of the 2022/2023 school year with 30 learners. This research was conducted in 2 cycles. Data was obtained through observation and problem-solving ability tests. The data obtained were analyzed by calculating the N-Gain. The calculation results show that the N-Gain value obtained is 0.32 which means that there is an increase in problem-solving abilities in the moderate category. Thus it can be concluded that the implementation of the Project Based Learning model through Lesson Study can improve students' physics problem-solving abilities.
Keywords: problem-based learning; lesson study; problem-solving abilities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. In Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.
Fatimah, A. E., Wahyuni, F., & Fitriani, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Model Project-based Learning. Journal of Didactic Mathematics, 3(3), 130–136. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1600.
Hiçyılmaz, Y., & Aykan, A. (2020). A New Approach In The Professional Development Of Prospective Visual Arts Teachers: A Lesson Study Model. International Journal of Progressive Education, 16(6), 313–324. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.280.19.
Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830.
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/historia.v3i2.23440.
Muyassaroh, I., Mukhlis, S., & Ramadhani, A. (2022). Model Project Based Learning melalui Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1607–1616. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4056.
Novinta Sari, R. (2023). Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya Lembaga “Bale Literasi” Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Tata Surya. Lambda Journal, Lembaga "Bale Literasi, 3(1), 22-28.https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.550.
Nuraini, N., Asri, I. H., Fajri, N., Sarwati, S., & Ariandani, N. (2022). Project-Based Activities through Lesson Study: Improvements of Creative Thinking Performance of Pre-Service Biology Teachers in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3), 1060–1073. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i3.202206.
Rezeki, H., Rokhmat, J., Gunawan, Makhrus, M., & Wahyudi. (2021). Implementation Of Causalitic-Learning Devices To Improve Creative Thinking Ability And Problem-Solving Of Students In Physics. Journal of Physics: Conference Series, 1816(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012048
Rizqa, A., & Harjono, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 243-247.
Suhada, D. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas III SD NU Kaplongan Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 3274–3285.
Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 2(1). 59-67.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.16560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: