PENGEMBANGAN LKPD KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN APLIKASI FLIPPING BOOK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI SMP
Abstract
ABSTRAK
Nilai inovasi dan kreativitas suatu LKPD akan lebih baik jika dihubungkan dengan kearifan lokal dan teknologi, salah satunya yakni penggunaan LKPD kearifan lokal berbantuan aplikasi Flipping Book. Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa dapat diintegrasikan dengan nilai kearifan lokal dikarenakan IPA erat kaitannya dengan lingkungan sekitar.. Penelitian ini berutujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektifitas LKPD kearifan lokal berbantuan aplikasi Flipping Book di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil validias LKPD di lakukan oleh 2 ornag validator yang memiliki rata-rata 3,72 dan berada di kategori valid; (2) Aspek kepraktisan mencakup keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik. Hasil keterlaksaan Pembelajaran menunjukan bahwa keterlaksanaan berjalan dengan baik yang memiliki rata-rata presentase 81% dengan kriteria baik, Analisis respon peserta didik menunjukan hasil presentase seluruh responden 81% dengan kriteria baik;(3) Aspek keefektifan mencakup aktifitas peserta didik yang memperoleh rata-rata 81% degan kriteria baik. Data ini menujukan rata-rata yang baik sehingga menunjukkan bahwa LKPD yang digunakan berkembang dengan efekktif. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas LKPD kearifan lokal Berbantuan aplikasi Flipping Book yang dikembangkan memenuhi aspek validasi, praktis dan efektif untukdigunakan dalam pembelajaran kelas.
Kata kunci: flipping book; LKPD; pengembangan
ABSTRACT
The innovation and creativity value of a LKPD will be better if it is connected to local wisdom and technology, one of which is the use of local wisdom LKPD with the help of the Flipping Book application. Naural Science learning is one of the subjects in which local wisdom is considered to be implemented in it because Natural Science it self is closely releted to environment. This study aimed at describing validity, particality, and effectiveness af flippingBook application assitsted local wisdom worksheet at SMP Negeri 3 Kabila. This is a Research and Devolepment referring to ADDIE Model tat consists of five stages; Analysis, Design, Development, Implemenaion, and Evaluation. Findigs revealed that (1) validity result of the worksheet assessed by two validators obtained average score of 3.72 which was In valid category; (2) particalityaspects consisted of learing implementation and students’ responses that were also In good category by obtaining average percentage of 81%; and (3) effectiveness aspect covering students activities was in good category by having average percentage of 81%. The data showed that the applied worksheet was effectively developed. So, it is concluded that the quality of the local wisdom worksheet assisted by the Flipping Book application developed meets the aspects of validation, practicality and effectiveness for use in classroom learning.
Keywords: flipping book; worksheet; development
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandy, Didied, And Putu. (2012). An Expoliation Local Wisdom Priority In Public Budgeting Process Of Local Government Case Studt In East Java. International Journal Economic And Research 3 (5):.
Ahmad. S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Alfari, Shabrina. (2022). Memahami Perbedaan Getaran dan Gelombang. Jakarta : Ruangguru
Amali, K, Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration, 2 (2).
Anon (1987) ‘Research and Development.’, Automotive Engineer (London), 12(2).
Arikunto. S. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azizahwati, dan Yasin, R, M. (2017). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal”. Jurnal Geliga Sains. 5(1): 65.
Bannang, A, Ritin, U, & Tirtawaty, A (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Fluida Statis. Jurnal ILMU pendidikan Nonformal. Vol 9 (01).
Damawiyah, S., & Sani, R. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas Viii Semester II SMP Negeri 1 Pagajahan. Jurnal INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2).
Dian T., dan Ila R. (2015). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Berbasis Pendekatan Ilmiah”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4, (1):2
Erizaldi P. (2020) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid di MAN 5 Aceh Besar.
Fatmawati, I., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Setrada (Seni Tari Dan Drama) Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1).
Fhina. (2016). “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flip book Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga”. Jurnal Pendidikan Matematika
Fikrah, Z. & Sukma, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Flipping Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies, 5(1) : 1183-1198
Fira, Putri, A., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40.
Gagne dan Brings. (2003) Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Jakarta: PAU Dirjen Dikti Depdikbud.
Gürbilek, N. (2015) ‘Definisi Pengembangan’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamid Hamdani. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung. Pustaka Setia.
Hardianti, H., Copriady, J., & Haryati, S. (2020). Model Pembelajaran PBL Dipadu Strategi NHT Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2).
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1.
Istikharah, R., & Simatupang, Z. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Kelas X SMA / MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1).
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE.
Maghfiroh,B, S, Akhsin, N, & Eka, N, A, R. (2015). “Autism’s Mobile Game Application: Optimalisasi Teknologi Mobile Untuk terapi Visual Anak Autis,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. Vol 3 (01).
Mahmudah, S. (2017) ‘Pengembangan Lembar Kerja., Siti Mahmudah’, Skripsi.
Meilana, S.F. and Aslam, A. (2022) ‘Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(4).
Montu, F. & Abdjul, T. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Jambura Physics Journal, 1(2).
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2019). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2).
Nadifah, Luluk, U. (2018). Pengembangan Game PADUKA.exe berbasis RPG Maker MV Sebagai Media Belajar Mandiri pada Materi Fungsi Komposisi. Surabaya: UINSA
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 (1)
Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 2(1).
Putri, W. A. (2022). Pengembangan LKPD Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi Untuk Siswa SMP/MTS. UIN Suska Riau
Saputri. L, Destiniar, & Murjainah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI unuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 06 (03).
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Suardana, I. N., Redhana, I. W., & Selamet, K. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bali dengan Pola Lesson Study di SMP Negeri 4 Singaraja. Prosiding Senadimas Undiksha.
Subagyo. (2015). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Perusahaan Listrik Negara Rayon Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Journal Ilmu Pemerintahan. Vol 3.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara.
Suryaningsih, S & Riska, N. (2021). Pentingnya Lembar kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia.Vol 2 (7).
Tatik, S & Edi, I. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta. Deepublish.
Umbaryati (2019) ‘Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika’, PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Wahyuningsih, D., Abdullah, A., & Herdini, H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Materi Asam Dan Basa Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pijar Mipa, 15(5).
Wandari, A., Kamid, K. and Maison, M. (2018) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa’, Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).
Widyasmi, A. R., Nurrahmah, A. H., Pratiwi, E. L., Hidayati, K., & Cahyani, V. P. (2021, December). Media Pembelajaran Daring Flipping Book dan Evaluasi Educandy pada Materi Suhu dan Kalor IPA SMP/MTs. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar Vol. 1 (1).
Wijayanti, D.A.I. and Dkk (2022) ‘Pengembangan E-Lkpd Berkearifan Lokal Kelas V Sd’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1).
Yusuf, D (2022) “Pengembangan Bahan Ajar Berbanuan iGoogle Sites Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.16966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: