PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MATAKULIAH FISIKA UMUM BERBASI CASE METHOD DAN TEAM BASED-PROJECT: DESIGN DAN DEVELOPMENT
Abstract
ABSTRAK
Praktikum merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat menarik minat mahasiswa dalam mengembangkan konsep-konsep Fisika. Praktikum sangat erat hubungannya dengan pembelajaran Fisika karena membutuhkan verifikasi, pembuktian melalui praktikum dan pembelajaran fisika penuh dengan teori, konsep, hukum, prinsip dan kaidah tentang fisika, yang semuanya itu perlu diadakan pembuktian melalui praktikum. Permasalahan yang ditemukan pada praktikum matakuliah Fisika Umum bahwa tidak tersedianya standar pedoman praktikum. Tujuan penelitian adalah membuat standar panduan praktikum Fisika Umum berupa Smart Module Penuntun Praktikum Fisika Umum yang berbasis Case Method dan Team-Based Project. Jenis Penelitian adalah R&D dengan model pengembangan 4-D yang dikemukakan Thiagarajan dan Semmel.Teknik pengumpulan data berupa instrumen penilaian angket validasi materi, angket validasi media, angket validasi soal, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi Penuntun Praktikum Fisika Umum yang berbasis Case Method dan Team-Based Project adalah valid dengan kategori baik dan bisa dilanjutkan untuk uji lapangan serta diharapkan meningkatkan keterampillan pemecahan masalah, berpikir kritis dan berpikir kreatif mahasiwa.
Kata kunci: penuntun praktikum; fisika umum; case method dan team-based project.
ABSTRACT
Practicum is a learning strategy that can attract students' interest in developing physics concepts. Practicum is very closely related to learning Physics because it requires verification, proof through practicum and physics learning is full of theories, concepts, laws, principles and rules about physics, all of which need to be proven through practicum. The problem found in the practicum course in General Physics is that there is no standard practicum guideline available. The aim of the research is to develop a general physics practicum guide standard in the form of a General Physics Practicum Guide Smart Module based on the Case Method and Team-Based Project. The type of research is R&D with the 4-D development model proposed by Thiagarajan and Semmel. Data collection techniques are in the form of material validation questionnaires, media validation questionnaires, question validation questionnaires, and student response questionnaires. Based on the validation results of the General Physics Practicum Guide based on the Case Method and Team-Based Project, it is valid in the good category and can be continued for field trials and is expected to improve problem solving skills, critical thinking and creative thinking of students.
Keywords: practicum guide; general physics; case method and team-based project.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, M. R., Samputri, S., & Saenab, S. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA III “Inovasi Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka” 2022.
Anwar, Y. A. S., Al Idrus, S. W., & Siahaan, J. (2019). Implementasi Metode Presentasi pada Tahap Pra Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Sikap Mahasiswa Terhadap Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.24053
Ariyaldi, A., Yunus, M., & Auliah, A. (2020). Pengembangan modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas XI MIA di SMAN 5 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i2.17991
Banu, Mst. S. (2011). THE ROLE OF PRACTICAL WORK IN TEACHING AND LEARNING PHYSICS AT SECONDARY LEVEL IN BANGLADESH [Thesis, College of Education]. https://ir.canterbury.ac.nz/bitstream/handle/10092/6291/Shailasthesiswithchangesaccepted.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Damayanti, E. D., Fitrianti, A., Rusdiana, D., & Suwarma, I. R. (2022). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Alat Praktikum Digital Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 8(1).
Erlin Eveline, Suparno, S., Ardiyati, T. K., & Dasilva, B. E. (2019). Development of Interactive Physics Mobile Learning Media for Enhancing Students’ HOTS in Impulse and Momentum with Scaffolding Learning Approach. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.21009/1.05207
Fauzi, A. (2011). Pentingnya Pembelajaran Fisika Melalui Kegiatan Laboratorium Fisika Berbasis Inquiry. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial.
Gorbi Irawan, A., nyoman Padmadewi, N., & Putu Artini, L. (2018). Instructional materials development through 4D model. SHS Web of Conferences, 42, 00086. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200086
Hamidah, A., Sari, E. N., & Budianingsih, R. S. (2014). PERSEPSI SISWA TENTANG KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI LABORATORIUM SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. Jurnal Sainmatik, 8(1), 49–59.
Irawan, F. G., Arwizet, A., Primawati, P., & Prasetya, F. (2022). UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIVITAS DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(4). https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.416
Jariya, F. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Manufaktur dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2507
Kurniawan, A., Siswati, B. H., & Savira, N. I. I. (2021). Motivasi Siswa Terhadap Kegiatan Praktikum Pembuatan Preparat Apusan Darah Tingkat SMA Di Kabupaten Jember, Indonesia. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, Volume 6 No 2. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.4849
Kuron, M. A., & Welua, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUHU DAN KALOR BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2). https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5715
Lantowa, H. D., Buhungo, T. J., Odja, Abdul. H., & Arbie, A. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI ZOOM PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASIL BELAJAR. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8007
Nengsih, S. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Inkuiri Terbimbing Mahasiswa Biologi STKIP Payakumbuh. Jurnal Iptek Terapan. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i1.343
Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1). https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321
Purwaningsih, S. (2021). Pengembangan penuntun Praktikum Ekektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Suhu dan Kalor untuk SMP/MTs. Edumaspul: Jurnal …, 5(1).
Ramadhani, S. M., Najah, T. S., & Yuliani, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Praktikum Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas VII. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(3). https://doi.org/10.58218/lambda.v2i3.370
Saputra, R. M. I., Yusnedi, Triyono, A., Apriansyah, R., Hermanto, Hairudin, A., Ningsih, F., Corrina, F., & Ririen, D. (2022). Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method dan Team Based Project. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1). https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i1.3510
Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, 8(3), 262–271.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabet.
Sumarli, S., Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.224
Triandini, W., Kosim, K., & Gunada, I. W. (2021). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1). https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3953
Wahyu Riyaningrum, Nur Isnaeni, Elsye Maria Rosa. (2021). PENTINGNYA TEAM BASED LEARNING (TBL) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM: A LITERATURE REVIEW. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1). https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: