PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perangkat pembelajaran IPA SMP yang valid, praktis dan efektif menggunakan model Inkuiri Terbimbing pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kota Gorontalo semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) perangkat yang dikembangkan valid berdasarkan lembar validasi dengan rata-rata 3,65. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dengan rata-rata 97,5% dan respon peserta didik mencapai 96% dengan kategori sangat baik. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan aktivitas siswa mencapai 74% dengan kriteria baik dan rata-rata persentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 63,20% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi pesawat sederhana dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : inkuiri terbimbing; IPA; perangkat pembelajaran.
This research aims to describe valid, practical and effective junior high school science learning tools using the Guided Inquiry model on simple plane material. This research is a type of research and development. The research was carried out in class VIII of Muhammadiyah 3 Middle School, Gorontalo City, odd semester of the 2023/2024 academic year. The research results showed that 1) the device developed was valid based on the validation sheet with an average of 3,65. 2) The learning tools developed are practical based on very good learning implementation with an average of 97.5% and student responses reaching 96% in the very good category. 3) The learning tools developed were effective based on student activities reaching 74% with good criteria and the average percentage of students' cognitive learning outcomes was 63.20% in the high category. Based on the research results, it was concluded that the science learning tool used the Guided Inquiry learning model to improve students' cognitive abilities in simple plane material and was suitable for use in the learning process in simple.
Keywords: guided inquiry; IPA; learning tools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abjul, T., Monoarfa, R., & Uloli, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ryleac Berbasis Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Si SMA Negeri 2 Gorontalo. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 123-127.
Alfiyani, N., Wulandari, N., & Adawiyah, D. R. (2019). Validasi metode pendugaan umur simpan produk pangan renyah dengan metode kadar air kritis. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 6(1), 1-8.
Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1): 19-23.
Bahtiar, Kafrawi, M., & Yenii, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Filum Animasi Terhadapa Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di MTS. Al-Intishor Sekarbela. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika2, 207-212.
Banang, Aswan. (2022). “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2): 145–67.
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25-33.
Hayati, I., Sholahuddin, A., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 3(3), 118-125.
Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16-27.
Irman, S. (2020). Validasi modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260-269.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal artefak, 7(1).
Jhoni, M., Afrizah, T., & Rahma, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Fisika Flipbook Menggunakan 3D Pageflip Professional pda Materi Momentum dan Implus. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 141-146
Lantowa, H. D., Buhungo, T. J., Odja, A. H., & Arbie, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbmbing Bantuan Aplikasi Zoom pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar Siswa. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 21-27.
Liiman, M., Mulyono, M., & Napitupulu, E. E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 60-71.
Nasution, M. D., Oktaviani, W., Utara, S., & Utara, S. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1), 46-54.
Nurazmi, N., Linawati, L., & Khaeruddin, K. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing: Apa Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik?. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 55-59.
Panjaitan, R. G. P., Wahyuni, E. S., & Mega, M. (2019). Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 52-59.
Ruwaida, H. (2019). Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di mi miftahul anwar desa banua lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51-76.
Rahmawati, D., Sinensis, A. R., & Effendi. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pesawat Sederhana pada Siswa SMP. Journal Education of Young Physics Teacher, 4(1), 31-39.
Septiawan, S., & Abdurrahman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 11-18.
Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.
Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1): 474-479.
Warodiah, Y. N., Joni , R., Zuhdi, M., Syariah, A., Kosim, & Faresta, R. A. (2023). Analisis Kepraktisan dan Keefektifan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kausalitik pada Materi Momentum dan Impuls Peserta Didik. ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fiska, 9(1), 119-125.
Wati, N. K. (2020). Perangkat pembelajaran berbasis E-learning di sekolah dasar. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 180--189.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: