PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SD

Miranda Miranda, Emi Sulistri, Mertika Mertika

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V pada Materi Organ Gerak hewan dan manusia. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu Sekolah Dasar Negeri di Singkawang. Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini yaitu; 1). Pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru, 2). Rendahya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA, 3). Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) belum diterapkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design, dengan bentuk desain posttest only Control Design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas V A sebagai kelas eksprerimen 26 siswa, dan kelas V B sebagai kelas kontrol 26 siswa. Jumlah seluruhnya 52 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan. Sampel yang diambil menggunakan sampling jenuh. Setelah pengambilan sampel, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VA dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 8 soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA antara kelas yang diberikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kelas yang diberikan pembelajaran langsung pada materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V SDN 2 Singkawang. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Singawang.

 

Kata kunci: model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); kemampuan berpikir kritis.

 

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on students' critical thinking abilities in class V science learning on animal and human movement organ material. This research was carried out at one of the State Elementary Schools in Singkawang. The problems identified in this research are; 1). Science learning is still teacher-centered, 2). Low critical thinking skills of students in science learning, 3). The Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model has not been implemented. The type of research used is quantitative research with a quasi experimental design method, with a posttest only Control Design form. The population taken was 26 students in class V A as an experimental class, and 26 students in class V B as a control class. The total number is 52 students consisting of 18 male students and 34 female students. Samples were taken using saturated sampling. After sampling, those selected as the experimental class were the VA class using the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model and VB as the control class using the direct learning model. This research uses a critical thinking ability test sheet instrument consisting of 8 essay questions. The results of the research show that: (1) There is an influence of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model on students' critical thinking abilities in science learning between classes given the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model and classes given direct learning on movement organ material. animals and humans in class V SDN 2 Singkawang. Based on the results of research data calculations and general discussion, it can be concluded that the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model has a high influence on the critical thinking abilities of class V students at one of the State Elementary Schools in Singawang.

 

Keywords: learning model; Contextual Teaching and Learning (CTL); critical thinking skills.


Keywords


learning model; Contextual Teaching and Learning (CTL); critical thinking skills.

Full Text:

PDF

References


Azila, S.N., dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbantuan Wayang Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Natural Science Education Reseach, 1(2), 155–156.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Fatmawati, dkk. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2(9).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Prestasi Pustaka.

Maolani. 2015. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN.

Nurbaeti, R. U., & Sunarsih, D. (2020). Pengembangan Model Pratikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 109–116.

Octavia, S. . (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish.

Pt, N., Muliawati, C., Ardana, I. K., & Negara, I. G. A. O. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe- Explain Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus Ubud Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FIP Universitas Pendidikan Ganesha Dewasa Ini Negara Indonesia.

Purwanti, dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Universitas Jember, 7(1).

Sentanu, I. M., Rasana, I. D. P. R., & Kusmariyatni, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Sambirenteng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Sudarisman S, Andariani T, dan M. M. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart dan Video Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Dan Program Studi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 6(2), 102-119.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Urbafani, S., & Rozie, F. (2020). Analisis Materi Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Bangkalan terhadap Pembelajaran IPA SD Kelas V Kurikulum 2013.

Wakijo. (2016). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Metro T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, 4(1), 2442–4994.

Wedyawati, N. & Y. L. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish Publisher.

Yopa, M. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD. FKIP Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v9i2.17778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: