PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP PELAJARAN FISIKA

Sundus Maulidina, Yoga Budi Bhakti

Abstract


ABSTRAK

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran online dalam pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari konsep-konsep fisika dan untuk respon siswa mengenai penerapan media pembelajaran online, pemerintah memberlakukan kebijakan jarak sosial atau dikenal sebagai jarak fisik dan oleh karena itu sekolah memutuskan untuk belajar jarak jauh yang ditakuti selama pandemi menggunakan media pembelajaran online minat belajar siswa akan menurun.Dari hasil survai menggunakan kuesioner di google form terhadap siswa Sekolah Menengah Atas diperoleh 18,8% setuju menggunakan media pembelajaran online dan 52,75% tidak setuju menggnakan media pembelajran online. dari hasil data tersebut dikatakan "tidak kuat" ini menunjukkan respon siswa segatif terhadap menggunakan media pembelajran online. minat belajar siswa lebih meningkat bila pembelajaran online dilakukan di dalam kelas. selama pandemi berlangsung sebaiknya pendidik atau guru lebih keatif dalam melakukan pemebelajaran online dirumah agar siswa tidak merasa bosan dan semangat saat sedang pembelajaran jarak jauh. sehingga minat belajar siswa dapat meningkat dan memahami konsep fisik

 

Kata kunci: covid 19; pembelajaran; fisika.

 ABSTRACT

Writing this paper aims to determine the effect of online learning media in students' understanding and interest in learning the concepts of physics and for student responses regarding the application of online learning media, the government imposed social distancing policy or known as physical distancing and therefore schools decided to distance learning feared during the pandemic using online learning media student learning interest will decrease. From the survey results using a questionnaire on the Google form of high school students obtained 18.8% agreed to use online learning media and 52.75% did not agree to use online learning media. from the results of the data it is said "not strong" this shows the response of students to use the online learning media. Student interest in learning increases when online learning is done in the classroom. During the pandemic, educators or teachers should be more active in conducting online learning at home so that students do not feel bored and excited while studying distance learning. so that students' interest in learning can increase and understand physical concepts

 

Keywords: covid 19; learning; physics  


Keywords


covid 19; learning; physics

Full Text:

PDF

References


Achmad, R. I., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. Prosiding Seminar Nasional.

Ardian Asyhari, R. H. (2015). Implementasi Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Optika. PPII, 37–49.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Hariyanto, S. dan. (2012). Belajar dan pembelajaran : Teori dan konsep. Rosda.

Mulhayatiah, D., Suhendi, H. Y., & Oktaviani, V. (2017). HUBUNGAN TINGKAT PENALARAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI EVALUASI TEKNIK RANKING TASK PADA MATA KULIAH LISTRIK MAGNET 1. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4865

Nugroho, E. (2018). Buku Prinsip prinsip Menyusun kuesioner. UB Press.

Sakti, I. (2013). Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction ) terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013.

Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta.

Sembiring, S. W. B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Kuala TA 2012/2013. UNIMED.

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Suparno, P. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika, Konstruktivistik dan Menyenangkan. Universitas Sanata Dharma.

Young, H. D. & R. A. F. (2003). Fisika Universitas. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: