PENGARUH VIRTUALISASI LABORATORIUM BERBASIS ELECTRONICS WORKBENCH (EWB) PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR UNSRIT

Meidy Atina Kuron, Arnold Umboh

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan laboratorium virtual pada mata kuliah Elektronika Dasar sangatlah penting sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan fasilitas pada laboratorium real di Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Virtualisasi laboratorium Elektronika Dasar ini dapat berfungsi selayaknya laboratorium real yang memanfaatkan media komputer dan software Electronics Workbench (EWB) dalam pembelajaran. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui pengaruh virtualisasi laboratorium berbasis Electronics Workbench (EWB) terhadap hasil belajar mahasiswa semester II Program Studi Teknik Informatika pada mata kuliah Elektronika Dasar di Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperiment One-Group Pretest-Posttest Design dengan pengujian analisis paired sample t-test dengan sample penelitian diambil total sampling. Hipotesis penelitian dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS untuk memperoleh t hitung dengan taraf kepercayaan 95% dimana t hitung > t tabel yaitu 19,126 > 2,055 dan berdasarkan nilai signifikansi yaitu Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan virtualisasi laboratorium berbasis EWB terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Informatika UNSRIT Semester II materi Elektronika Dasar materi penguat transistor. Selanjutnya dilakukan pengujian N-Gain score untuk melihat efektivitas penggunaan virtualisasi laboratorium berbasis EWB dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Teknik Informatika UNSRIT dengan hasil 0,40 termasuk pada kategori sedang. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan pada jurnal Nasional terakreditasi SINTA 4 Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika p-ISSN : 2460-9587, i-SSN : 2614-7017 Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Mataram.

 

Kata kunci : virtualisasi laboratorium; electronics workbench (EWB); elektronika dasar.

 

ABSTRACT

The use of virtual laboratories of the Basic Electronics courses is very important as a solution to overcome the limited facilities in real laboratories at Sariputra Indonesia University, Tomohon. Virtualization of the Basic Electronics laboratory can function like a real laboratory that utilizes computer media and the Electronics Workbench (EWB) software in learning. The specific purpose of this study was to determine the effect of laboratory virtualization based on Electronics Workbench (EWB) on the learning outcomes of second semester students of the Informatics Engineering Study Program in Basic Electronics at Sariputra Indonesia University, Tomohon. The method used is the Pre-Experiment One-Group Pretest-Posttest Design with paired sample t-test analysis testing with the research sample taken by total sampling. The research hypothesis was analyzed with the SPSS application to obtain t count with a confidence level of 95% where t count > t table, that result 19,126 > 2,055 and based on the significance value of Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, it can be concluded that there is a significant effect of based laboratory virtualization based on EWB to students learning outcomes of Informatics Engineering UNSRIT Semester II Basic Electronics material transistor amplifier. Furthermore, the N-Gain score test was carried out to see the effectiveness of using laboratory virtualization based on EWB to improving the learning outcomes of UNSRIT Informatics Engineering students with a result of 0.40 which was included in the moderate category. The output targeted in this study is expected to be published in a SINTA-accredited National journal 4 Journal of Study, Innovation and Physics Education Application p-ISSN: 2460-9587, i-SSN: 2614-7017 Study Program of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Muhamadiyah University, Mataram.

 

Keywords : virtual laboratories; electronics workbench (EWB); basic electronics.

 


Keywords


virtual laboratories; electronics workbench (EWB); basic electronics.

Full Text:

PDF

References


Hake dan Richard, R., (2002). Relationship of Individual student Normalized learn Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. s.l.:s.n.

Islahudin, M. I., (2019). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (EWB) Untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I. E-Jurnal ORBITA: Jurnal Hasil Kajian Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika p-ISSN 2460-9587, e-ISSN 2614-7017, Volume 5, p. 2.

Islahudin, I., Sabaryati, J., Zulkarnain, Z., & Soeharto, S. (2020). Design of Work Instruction (WI) Electronic Workbench-Assisted Electrical Measuring Devices to Improve the Internship Concept of Students in Basic Electronic II Course. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.26737/jipf.v5i2.1722

Jaya, H., (2012). Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan praktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi E-ISSN 2476-9401; P-ISSN 2088-2866, Volume 2, p. 1.

Kuron, M., (2019). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Komputer UNSRIT. E-Jurnal Sariputra Jurnal Ilmu-Ilmu Multidisiplin , Volume 6, p. 3.

Panjaitan, (2015). Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan Laboratorium Komputer Universitas Bina Darma. SNIT, Volume 1, p. 1.

Rizal Bagus Syaifulloh, B. J., (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Model Guided Discovery dengan Lab Virtual PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Tuban Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 174-179 ISSN: 2302-4496., Volume 3, p. 2.

Santoso, s., (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sari, P. I. G. G. H. A., (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi e-ISSN: 2407-6902 & p-ISSN: 2614-5618, Volume 2, p. 4.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.

Widhy, P., (2010). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran IPA - Pelatihan digitalisasi.

Wiratma, G. L. d., (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti. ISSN: 2303-288X , Volume 3, p. 2




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.2788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: