PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. AL-INTISHOR SEKARBELA

Bahtiar Bahtiar, Muhammad Kafrawi, Sri Yeni

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs. Al-Intishor Sekarbela. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Al-Intishor Sekarbela dengan sampel penelitian siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket untuk memperoleh motivasi belajar dan tes subjektif untuk memperoleh hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data motivasi sesudah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 2.86 dan kelas kontrol 2.29, sedangkan untuk analisis data hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh  (9.633)    (1.703). Jadi, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar di MTs. Al-Intishor Sekarbela.

 

Kata Kunci: kooperatif tipe STAD; media film animasi.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of cooperative learning model type STAD using animated film media on student motivation and learning outcomes in MTs. Al-Intishor Sekarbela. This type of research is a quasi-experimental research design with a nonequivalent control group design. The population of this study were all MTs students. Al-Intishor Sekarbela with the research sample of class VII-A students as the experimental class and class VII-B as the control class. The sample was determined by using cluster sampling technique. Data collection techniques are using questionnaires to obtain learning motivation and subjective tests to obtain learning outcomes. Based on the results of the analysis of the motivation data after the treatment, the average value of the experimental class was 2.86 and the control class was 2.29, while for the analysis of the learning outcomes data using the t-test, it was obtained ttes  (9,633)> ttable (1.703). So, in this study it can be concluded that there is an effect of the STAD cooperative learning model using animated film media on motivation and learning outcomes in MTs. Al-Intishor Sekarbela.

 
Keywords
: cooperative type STAD; animation film media.

Keywords


cooperative type STAD; animation film media.

Full Text:

PDF

References


Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis di Sekolah Luar biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51–57.

Ansori, A. H. (2015). Strategi Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Qathrunâ, 2(2), 19–56.

Astrawan, I. W. J., Marhaeni, A. A. I. N., & Arnyana, I. B. P. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1). Retrieved from

Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA) (1st ed.). Mataram: Sanabil.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Gilang Herjuna, Sanjaya, A. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Teams Achievement Division ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 152–162.

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Haryanto, Marhaeni, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Kreativitas Siswa Smplb C Negeri Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–8.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32.

Laela NRK. dan Partono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 64–72.

Nurfarida, Bahtiar, N. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. RelativitaS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 9–19.

Palupi, R., Anitah, S., & Budiyono. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 157–170.

Rivai, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 115–124.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (11th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (24th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137.

Suwaningsih, N., Pasaribu, M., & Darsikin, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbasis Mind Maping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Cahaya di SMP Negeri 18 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(2), 19–24.

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 32.

Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85–93.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: