EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER 3 DIMENSI SECARA DARING PADA MATERI TATA SURYA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 WERA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media poster 3 dimensi secara daring pada materi tata surya berbasis Google Classroom guna meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMPN 1 WERA. Penelitian ini berupa penelitian True eksperimental dasing pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 WERA yang berlokasi di Desa Tawali, Kec. Wera, Kab. Bima, NTB. Pembelajaran yang digunakan ialah yang tidak menggunakan media poster 3 dimensi secara daring untuk kelas kontrol, untuk kelas eksperimen menggunakan media poster 3 dimensi secara daring. Sampel penelitian ialah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Ada tiga tahap teknik pengumpulan data, yaitu tahap persiapan, tahap menentukan kemampuan awal sampel, dan tahap pelaksanaan tindakan. Instrumen penelitian berupa tes objektif, yakni uji validitas, uji realiabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji persyaratan analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas. Serta uji hipotesis berupa uji-t. Diperoleh hasil perhitungan uji-t, pre-test thitung =0,332 dan ttabel =1,682 (thitung < ttabel). Berarti hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Menandakan tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa. Nilai post-test thitung =2,744 dan ttabel=1,682 (thitung > ttabel) berarti (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Hasil analisis nilai uji N-gain; kelas eksperimen sebesar 0,44 berkategori “sedang” dan kelas kontrol 0,22 berkategori “rendah”. Akhirnya diperoleh bahwa efektifitas penggunaan Media Poster 3 Dimensi secara daring pada Materi Tata Surya berbasis Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa Kelas VII SMPN 1 WERA Tahun pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : efektifitas penggunaan media poster 3 dimensi secara daring; pemahaman konsep
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of online 3-dimensional poster media on Google Classroom-based solar system material in order to improve understanding of the physics concepts of class VII students of SMPN 1 WERA. This research is in the form of true experimental research of pre-test and post-test. The study population was the VII grade students of SMPN 1 WERA located in Tawali Village, Kec. Wera, Kab. Bima, NTB. The lessons used are those that do not use online 3-dimensional poster media for the control class, for the experimental class using 3-dimensional poster media online. The research sample was class VII-1 as the experimental class and class VII-2 as the control class. There are three stages of data collection techniques, namely the preparation stage, the stage of determining the initial capacity of the sample, and the stage of implementing the action. The research instrument was an objective test, namely the validity test, the reliability test, the difficulty level test, and the discriminating power test. The data analysis technique used is the analysis requirements test including the homogeneity test and normality test. As well as hypothesis testing in the form of t-test. Obtained the results of t-test calculations, pre-test t = 0.332 and t table = 1.682 (t count <t table). It means that the null hypothesis (Ho) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected. This indicates that there is no difference in students' initial abilities. The post-test value t = 2.744 and t table = 1.682 (tcount> ttable) means (Ho) is rejected and (Ha) is accepted. The results of the analysis of the N-gain test value; the experimental class was 0.44 in the "medium" category and the control class was 0.22 in the "low" category. Finally, it was found that the effectiveness of using online 3-dimensional Media Posters on Google Classroom-Based Solar System Material can improve understanding of the physics concepts of Class VII students of SMPN 1 WERA in the 2019/2020 academic year.
Key words: the effectiveness of using online 3-dimensional poster media; understanding the concept.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, I. S. (2013). Evaluation of Hypertension Poster to Talaga Public Health Visitors, Majalengka District. Kemas Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta.
Azhar, A. (2008). Media pembelajaran; Edisi revisi. In Repositori Riset Kesehatan Nasional.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.
Darmayanti, N. W. S., & Zulkarnain, Z. (2018). PEMBERIAN PENGAYAAN MATERI PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR JAM SEKOLAH DI DESA GONTORAN, KECAMATAN LINGSAR, LOMBOK BARAT. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.454
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung. Satu Nusa.
Isnaini, M., Ramlah, R., & Erwinta, E. S. (2018). IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA MATARAM KELAS XI-A MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2017. KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i1.6
Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER FISIKA FLUIDA STATIS BERBASIS LINGKUNGKAN DALAM BENTUK POSTER PHOTOSCRAP. https://doi.org/10.21009/0305010204
MAIYENA, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MATERI GLOBAL WARMING. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.269
Triyani, L., Islahudin, I., & Darmayanti, N. W. S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALSEG FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMN KONSEP SISWA KELAS X MATERI USAHA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.897
Utami, L. S., & Darmayanti, N. W. S. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FISIKA MATERI GELOMBANG DAN OPTIK TAHUN AKADEMIK 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1028
Zaman, B. (2013). Media dan Sumber Belajar TK Cet. 5. Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: