PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS PROGRAM MATLAB TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA KELAS VIII SMPN 3 NARMADA 2020/2021
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis program matlab terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya kelas VIII SMPN 3 Narmada 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment researcha dengan metode control grup design subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Narmada. Sampel dalam penelitian di ambil secara purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas experiment yang berjumlah 25 orang siswa dan kelas VIII B sebagai kelas control yang berjumlah 25 orang siswa. Tes yang dibuat berupa soal pilihan ganda.Instrument yang digunakan berupa tes yang telah diuji kelayakan. Berdasarkan hasil perhitungan uji maka diperoleh thitung sebesar 5.276 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25+25 -2 = 48 diperoleh harga ttabel sebesar 2.457. Jadi dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel maka dapat diakatakan hipotesis (Ha) diterima. Ini berarti bahwa “ ada pengaruh contextual teaching and learning (CTL) berbasis program matlab peningkatan hasil belajar kelas VIII SMPN 3 Narmada materi gaya tahun pelejaran 2020/2021.
Kata Kunci: contextual teaching and learning (CTL); program matlab; hasil belajar siswa
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of the contextual teaching and learning (CTL) model based on the matlab program on student’ learning outcomes at the material of force for eight graders of SMPN 3 Narmada 2020/2021. This research is a quasi-experimental research with a control group method. The subjects in this study were all the eight graders of SMPN 3 Narmada. The samples in this study were taken through purposive sampling, one was the class of VIII-A as the experimental group which consisted of 25 students and the other one wasc the lass of VIII-B as the control group,which had totally 25 students. The test was made in the form of multiple choice questions. The instrument used was a test that had been tested for its feasibility. Based on the results of the test calculations, it found that the value of tcount 5,276 while the ttable value was at a significant level of 5% with dk = n1 + n2 - 2 = 25 + 25 -2 = 48, the the value of ttable was 2.457. Hence, based on the calculation result, it could be concluded that tcount>ttable. In other words, it can be said that the hypothesis (Ha) was accepted. This means that "there was an effect of contextual teaching and learning (CTL) model based on the matlab program in improving students’ learning outcomes in the material of force for the eight graders of SMPN 3 Narmada academic year 2020/202.
Keywords: contextual teaching and learning (CTL); matlab program; students’ learning outcomes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rinekacipta.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Away, G. . (2006). The Shortcut Of Matlab Programming. Informatika Bandung.
Bingah, J. (2013). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Panas Di Kelas X Sma Negeri 14 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Fauzan, A., & Ratna Wulan, dan. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.
Fauzih, F. (2009). Penggunaan program matlab sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Materi Rangkaian Listrik. Isntitut Teknologi Bandung.
Islahudin, I., Darmayanti, N. W. S., & Zulkarnain, Z. (2017). PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1005
Nurul, Zulmi., N. W. S, Darmayanti., Zulkarnain, Z. (2018). Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) Berbasis Program Matlab pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Labuapi Kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(1).
Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2019). APLIKASI MAP; EFEKTIVITAS MATLAB ALGORITM PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOGIC PHYSICS MAHASISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1018
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.
Suprianto, S., Kholida, S. I., & Andi, H. J. (2016). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.427
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: