PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Tesya Aprilia, Sutrio Sutrio, Hairunisyah Sahidu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, instrumen tes berupa soal dan video pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan soal pilihan ganda. Validitas produk dianalisis dengan menentukan nilai Content Validity Index (CVI) dan reliabilitas produk ditentukan berdasarkan nilai Percentage Agreement (PA). Peningkatan hasil belajar fisika dianalisis dengan menentukan standar gain dari hasil pretest dan posttest. Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, soal tes dan video pembelajaran memiliki nilai CVI lebih besar dari nol sehingga kualitasnya masuk dalam kategori sangat baik. Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, soal tes dan video pembelajaran memiliki nilai Percentage Agreement (PA)di atas 75%, ini menunjukkan bahwa keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Hasil belajar fisika mengalami peningkatan dengan nilai gain sebesar 0,114. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran; model quantum learning; hasil belajar fisika.

 

ABSTRACT

This development research aims to produce a product in the form of a quantum learning model to improve students' physics learning outcomes. The research design used was a 4D model consisting of Define, Design, Develop, and Disseminate. Products developed in the form of a syllabus, lesson plans, student worksheets, test instruments in the form of questions and learning videos. Data collection using validation sheets and multiple choice questions. Product validity is analyzed by determining the value of the Content Validity Index (CVI) and product reliability is determined based on the value of the Percentage Agreement (PA). The improvement of physics learning outcomes was analyzed by determining the standard gain from the pretest and posttest results. The syllabus, lesson plans, student worksheets, test questions and learning videos have a CVI value greater than zero so that the quality is in the very good category. The syllabus, lesson plans, student worksheets, test questions and learning videos have a Percentage Agreement (PA) value above 75%, this indicates that all the aspects assessed fall into the reliable category. Physics learning outcomes have increased with a gain value of 0.114. Based on these results it can be concluded that the learning tools developed are feasible and effective to use to improve students' physics learning outcomes.

 

Keywords: learning devices; quantum learning models; physics learning outcomes.


Keywords


learning devices; quantum learning models; physics learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unisulla Press.

Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Doyan, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Pada Matakuliah Fisika Kuantum Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 1–8.

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Premiere Educandum. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. In American Journal of Physics, 66(1)., 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hidayana, I., & Juliani, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas VII Semester I SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T . P 2013 / 2014. Jurnal Inpafi, 2(2), 91–99.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

LAWSHE, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. In Personnel Psychology, 28(4), 563-575.. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Ningrum, A. P., Lesmono, A. D., Bachtiar, R. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 315–320.

Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif , Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24-28.

Rusyadi, A., Zainuddin, Z., & Wati, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Ajar Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 82-90.. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i1.864

Sahidu, H. (2018). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: Penerbit Arga Puji Press.

Solikin, M., & Abdullah, A. A. (2014). Pengaruh Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton di Kelas X SMA Wahid Hasyim 4 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 10–13.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: