EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA: META-ANALISIS

M. Ifdal Hafiz Chan, Edja Annisa Septia, Kurnia Febrianti, Desnita Desnita

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dari beberapa model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis yang menggambarkan effect size dari penelitian-penelitian pendidikan mengenai pengaruh model-model pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA. Model pembelajaran yang di bandingkan dalam penelitian meta-analisis ini adalah model pembelajaran Discovery Learning, Inkuiri, Kooperatif, Direct Instruction, dan Problem Based Learning. Model pembelajaran yang memiliki efektivitas tertinggi adalah model pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan nilai rata-rata effect size 1.43 yang termasuk dalam kategori tinggi. Model pembelajaran lain yang juga memiliki nilai rata-rata effect size yang termasuk dalam kategori tinggi adalah model pembelajaran Inkuiri dengan nilai rata-rata effect size 1.39, model pembelajaran Kooperatif dengan nilai rata-rata effect size 1.11, model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.96, serta model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata effect size 0.92.

 

Kata kunci: Meta-Analisis; Discovery Learning; Inkuiri; Kooperatif; Direct Instruction; Problem Based Learning; Pemahaman Konsep; Fisika

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to see the effectiveness of several learning models in improving the understanding of physics concepts for high school students. This research is a meta-analysis that describes the effect size of educational studies regarding the influence of learning models on the understanding of physics concepts for high school students. The learning models compared in this meta-analysis are the Discovery Learning, Inquiry, Cooperative, Direct Instruction, and Problem Based Learning learning models. The learning model that has the highest effectiveness is the Direct Instruction model with an average effect size value of 1.43 which is included in the high category. Other learning models that also have an average effect size value that is included in the high category are the Inquiry learning model with an average effect size value of 1.39, the Cooperative learning model with an average effect size value of 1.11, and the Discovery Learning learning model with an average value. the average effect size is 0.96, as well as the Problem Based Learning model with an average effect size value of 0.92.

 

Keywords: Meta-Analysis; Discovery Learning; Inquiry; Cooperative; Direct Instruction; Problem Based Learning; Concept Understanding; Physics.


Keywords


Meta-Analysis; Discovery Learning; Inquiry; Cooperative; Direct Instruction; Problem Based Learning; Concept Understanding; Physics.

Full Text:

PDF

References


Adam, A. A., Fatmaryanti, S. D., Sriyono. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Radiasi, 9(2), 13-18.

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O.P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : UNISSULA Press.

Agustina, Misdalina, Lefudin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 186-195. DOI : http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2673

Amila, A. w., Abdurrahman, Suyatna, A., Wayan, I. D., & Herlina, K. (2018). Practicallity and Affectiveness of Student' Worksheets Based on Ethno Science to Improve Conceptual Understanding in Rigid Body. International Journal of Advanced Enginering, Management and Science, 4(5), 400-407.

Anderson, L.W dan Karthwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing ( A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York : Wesley Longman

Arend, R.I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. America, New York : McGraw-Hill Companies, Inc.

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., Gunawan. (2016). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.

Aristawati, N. K., Sadia, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. JPPF, 8(1).

Asrizal, Amran, Ananda, Festiyed, & Sumarmin. (2018). The Development of Integrated Science Instructional Materials to Improve Students Digital Literacy in Scientific Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 442-450.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for The Behavior Science (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Destalina, Ali, M. S., Palloan, P. (2019). Efektivitas Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran Sains Berorientasi Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(1), 1-7.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas nomor 22 tahun 2006. Jakarta

Diani, R., dkk. (2019). Scaffolding dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Instruction (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 310-319. DOI: 10.24042/ijsme.v2i3.4356.

Elisa, Dkk. (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1). (diakses tanggal 15 januari 2019)

Husnia, Saehana, S., Ali, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Alat Sains Sederhana Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 6 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7 (1), 12-16.

Izzah, N, Asrizal, Festiyed. (2021). Meta-analisis Effect size engaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fiska), 9(1), 114-132.

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mawarsih, Syamsu, Kamaluddin, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(3), 22-25.

Nurdyansyah, Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Nursyamsi, Muslimin, Hatibe, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SFAE Berbantuan Komik Edukatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu. Media Eksakta, 16(1), 11-15.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Peserta didik pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Purnamasari, N., Habibi, Hidayat, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”, 4(2), 51-54.

Riyadi, A. S., Mosik. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 1-9.

Rosmiati, Hikmawati, Ahmad Harjono. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Man 1 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (1): 29 – 34

Safitri, B. R. A., dkk. (2018). Pengaruh Model Direct Instruction Kombinasi Multimedia Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 5(1), 63-66.

Sari, P. I., Gunawan, Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriyanto, D. K., Jatmiko, B. (2017). Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) pada Pembelajaran Fisika dengan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X SMA Negeri 19 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 333-340.

Taqwa, M. R. A., Rivaldo, L., Faizah, R. (2019). Implementasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisa pada Topik Elastisitas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 107-116.

Thalheimer, W., & Cook, S. (2002). How to calculate effect sizes from published research articles: A simplified methodology. Diakses 07 Juni, 2021 dari http://work-learning.com/effect_sizes.htm.

Turrahmah, M., Susilawati, Makhrus, M., (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha dan Energi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 14(3), 118-122. DOI: 10.29303/ jpm.v14i3.1329.

Ute, N., dkk. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3524

Wati, A. L., Bukit, N. (2019). Efek Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Pocket Book Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 5(4), 12-16.

Yulianti, E., Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408. DOI : 10.24042/IJSME.V2I3.4366.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: