PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI SMPN 3 SALAHUTU

Mawar Indayani, Abdul Jalil Hunusalela, Enggal Mursalin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar IPA materi cahaya dan alat optik pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Salahutu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan sampel sebanyak 66 siswa yang terbagi dalam  kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen dalam penelitian ini yakni instrumen tes (tes berbentuk pilihan ganda) dan non-tes (lembar observasi guru). Instrumen tes telah diuji validitas dan reliabilitas, sehingga dari 50 soal, diperoleh 30 soal yang valid dan reliabel untuk selanjutnya digunakan sebagai instrumen pengukuran. Hasil tes siswa kemudian diuji statistik menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 2,171 dan ttabel sebesar 2,036 sehingga thitung >ttabel. Hal ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar IPA siswa diterima.

 

Kata Kunci: model pembelajaran blended learning; hasil belajar; cahaya dan alat optik

 

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is an effect of the blended learning model on the science learning outcomes of light and optical instruments in class VIII students at SMPN 3 Salahutu. The type of research used is quasi-experimental, with a sample of 66 students divided into experimental and control classes. The instruments in this study are test instruments (multiple choice tests) and non-tests (teachers' observation sheets). The test instrument has been tested for validity and reliability, so that from 50 questions, 30 questions are valid and reliable to be used as measurement instruments. The students' test results were then statistically tested using the t-test. Based on data analysis, the value of tcount is 2.171 and ttable is 2.036 so that tcount > ttable. This means that Ho is rejected at the significant level = 0.05. Based on this description, it can be concluded that Ha which states that there is an influence of the blended learning learning model on students' science learning outcomes is accepted.

 

Keywords: blended learning model; learning outcomes; light and optical devices

Keywords


blended learning model; learning outcomes; light and optical devices

Full Text:

PDF

References


Adri, M., Sriwahyuni, T., & Dewi, I. P. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Learning Management System di Mts. Muhammadiyah Saningbakar Solok. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 10(3), 107–116.

Airlanda, G. S. (2016). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis hsps dipadukan blended learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 4(1), 1–5.

Arif, K. M. (2021). STRATEGI MEMBANGUN SDM YANG KOMPETITIF, BERKARAKTER DAN UNGGUL MENGHADAPI ERA DISRUPSI. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–11.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01).

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 34–44.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 19–29.

Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141–148.

Herliana, F., Supriyati, Y., & Astra, I. M. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-II.

Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).

Khairunnisa, F. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TA 2019/2020. Universitas Negeri Medan.

Kusyeni, M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KELAS XI PADA MATERIGELOMBANG. UIN Raden Intan Lampung.

Mackay, S., & Stockport, G. (2006). Blended learning, classroom and e-learning. The Business Review, Cambridge, 5(1), 82–88.

Mildawati, T. (2016). TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(2), 101. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2000.v4.i2.1904

Mursalin, E. (2010). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi: Semarang: FMIPA Unnes.

Naim, N. (2012). Mengembalikan Misi Pendidikan Sosial Dan Kebudayaan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(3), 449–462.

Ningsih, W. S. A., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan-Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93.

Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Blog Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1941–1950.

Pertiwi, A., Kariadinata, R., Juariah, J., Sugilar, H., & Ramdhani, M. A. (2019). Edmodo-based blended learning on mathematical proving capability. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 42001. IOP Publishing.

Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. In Makalah PPM.

Putra, R. S., Putra, R. H., & RD, A. H. (2020). KONSEPSI IDEAL DARUSSALAM DALAM PERSPEKTIF A. HASJMY SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Adabiya, 22(2), 81–99.

Sensuse, D. I., & Napitupulu, D. B. (2017). The Study of User Acceptance Toward E-Learning System in Higher Education. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 7(2), 466. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v7.i2.pp466-473

Setiawati, G. A. D. (2013). Pemanfaatan Subak dalam Pembelajaran IPA (Upaya Mewujudkan Pembelajaran IPA yang Mendukung Implementasi Kurikulum 2013). Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta Cv.

Utama, E. P. (2017). Pengembangan Kapasitas Tenaga Pendidik Dan Peran Lembaga Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 96–111.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: