PENGEMBANGAN E-MODUL (MODEL UNIT LESSON) DI DAERAH MINIM INTERNET BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR HIPOTETIKAL DEDUKTIF

Jayati Jayati, Suparwoto Suparwoto, Moh. Toifur

Abstract


Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan daring tidak sepenuhnya dapat dilakukan pada wilayah minim internet, dan sistem penugasan belum dapat memberikan hasil pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pada daerah minim internet dengan topik hukum Newton tentang gravitasi. Metode yang dilakukan adalah melakukan validasi hasil pengembangan modul dengan empat validator yang terdiri dari dosen dan guru. Angket validasi lmodul berupa validasi materi dan validasi produk. Responden yang diujikan sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,8 dan valiadi produk memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,64. Hasil analisis keefektifan e-modul yang diberikan kepada peserta didik diperoleh skor rata- rata 3,5. Skor ini masuk dalam kategori efektif.


Keywords


E-Modul; Kemampuan Berfikir Hipotetikal Deduktif; Validasi; Respon Siswa; Kuisioner

Full Text:

PDF

References


Anam dan Purwanto. (2015). Evektivitas Pembelajaran Berbasis Metakognisis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5 (1), 285- 294.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Bachtiar, R. W. (2015). Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika UNEJ. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pembelajaran dan Penilaian Sains sesuai Tuntutan Kurikulum, 2013 1 (3), 8- 12.

Cavdar dan Doe Sue. (2014). Learning through Writing Teaching Critical Thinking Skills in Writing Assignments: Colorado State University.

Dhema, M., & Jufriansah, A. (2021). Aktivitas dan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 39-44.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Gunawan, S., & Widiati, S. (2019, July). Tuntutan Dan Tantangan Pendidik Dalam Teknologi Di Dunia Pendidikan Di Era 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Lawson, A.E. (2014). Allchin’s Shoehorn or Why Science Is Hypothetica- deductive. Science and Education 12 (2), 331-337.

Nuniati, Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Pengembangan Lkpd Terintegrasi Hots Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 7(2). pp 366-370.

Rochim, Sudarisman dan Suparmi. (2014). Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Media Rill dan Media Virtual ditinjau dari kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 1 (2), 6-10.

Sari, S. N., & Haryono, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Masa Pandemi Covid-19 di SMA 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(1), 51-58.

Suciati, N. N. A., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Sulisworo, D. (2016). The Contribution of the Education System Quality to Improve the Nation’s Competitiveness of Indonesia. Journal of education and Learning 10(2). 127- 138.

Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 4(1).

Wahyuningsih, Jufriansah, A., Anomeisa, AB.,Rahmanisa, K. (2021). Strategy on The Effectiveness of Learning Outcomes of Manufacturing Calculus Using Edlink in The Covid-19 Pandemic. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 10(1), 39 - 48.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.6170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: