PENGARUH INTEGRASI ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR: META ANALISIS

Dwi Anggraini Harita Putri, Asrizal Asrizal, Usmeldi Usmeldi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak dari integrasi etnosains terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan merupakan meta-analisis yang menganalisis sebanyak 23 jurnal yang terdiri dari internasional dan nasional yang sudah ada sejak lima tahun terakhir. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan mencari nilai effect size untuk setiap jurnal. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan diketahui bahwa intergrasi etnosains dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Sehingga diketahui bahwa integrasi etnosains terhadap hasil belajar menghasilkan efektivitas yang lebih tinggi jika diterapkan pada jenjang pendidikan SD. Berdasarkan jenis mata pelajarannya, akan efektif jika integrasi etnosains diaplikasikan pada seluruh mata pelajaran terkait sains (IPA). Dampak yang diberikan oleh integrasi etnosains terhadap hasil belajar sangat signifikan terhadap seluruh aspek hasil belajar.

 

Kata kunci: meta analisis; etnosains; hasil belajar.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the impact of ethnoscience integration on learning outcomes. The type of research used is a meta-analysis that analyzes 23 international and national journals that have existed since the last five years. The data analysis technique in this study is to find the effect size value for each journal. From the research results, it is known that the integration of ethnoscience in learning has an effect on learning outcomes. So it is known that the integration of ethnoscience on learning outcomes results in higher effectiveness if applied to the elementary education level. Based on the type of subject, it will be effective if the integration of ethnoscience is applied to all science-related subjects (IPA). The impact given by the integration of ethnoscience on learning outcomes is very significant for all aspects of learning outcomes.

 

Keywords: meta analysis; ethnoscience; learning outcomes.


Keywords


meta analysis; ethnoscience; learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


Aza Nuralita. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha.

Dewi, C., Martini, Gazali, Z., Rahman, N., Zulhariadi, M., Wicaksono, A., & Astutik, T. (2020). The Development of Ethnoscience Based Acid-Base Modules to Improve Students ’ Scientific Literacy Ability. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(1), 1013–1028.

Iriani, R., & Kurniasih, I. (2019). The Difference in Critical Thinking and Learning Outcome Using Problem Based Learning Asissted with Sasirangan Ethnoscience Student Worksheet. International Journal of Recent ….

Isrok’atun., & Rosmala, A. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Akasara.

Khoiriyah, Z., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Efektivitas Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Kalor. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains.

Najib, K. (2018). Kajian Etnosains Proses Pembuatan Genteng sebagai Bahan Ajar Tambahan Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3107

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017.

Parmin. (2017). Ethnosains. Swadaya Manunggal.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal). https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426

Putri, H. E., & Usmeldi, U. (2020). THE DEVELOPMENT OF E-MODULES PROBLEM BASED LEARNING USING GOOLE CLASSROOM FOR BASIC ELECTRICITY AND ELECTRONICS AT VOCATIONAL SCHOOL. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.22373/cj.v4i2.7861

Sawitri, Y., Asrizal., Kamus, Z., Afrizon, R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Journal of Chemical Information and Modeling.

Wijanarko, Y. (2017). MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK PEMBELAJARAN IPA YANG MENYENANGKAN. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Yuliana, R. (2012). Peran Komunikasi Dalam Organisasi. Journal of STIE Semarang, 4(3).




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: