PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO DENGAN IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Nover Tiara Jelita, Abdul Haris Odja, Dewa Gede Eka Setiawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 kabila Tahun Ajaran 2021/2022 pada kelas X IPA dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video dengan implementasi blended learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak parabola di SMA. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dengan proses pembelajaran campuran (blended learning). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini akan diberikan perlakuan setelah diberi perlakuan (posttest) dengan nilai ketuntasan siswa (KKM). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji hipotesis, uji N-Gain, dan effect size. Teknik pengambilan sampel didalam penelitian ini menggunakan teknik sampling kelompok dan dilakukan secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal essay. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui harga thitung ≥ ttabel yaitu 6.49 ≥ 2.03, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari perlakuan yang diberikan (posttest)  dengan nilai ketuntasan siswa (KKM). berdasarkan analisis dari N-Gain dan effect size, diperoleh nilai N-Gain 0.60 dengan kategori sedang. Untuk nilai effect size yaitu 1.90 dengan interpretasi strong effect. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat konsistensi dari perlakuan yang diberikan (posttest) terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing; video; hasil belajar; blended learning.

 

ABSTRACT

This research was conducted at SMA Negeri 1 Kabila for the Academic Year 2021/2022 in class X Science and aims to determine the significant positive effect of using a video-assisted guided inquiry model with the implementation of blended learning on student learning outcomes on the concept of parabolic motion in high school. During the covid-19 pandemic with a blended learning process. This research uses an experimental method. This study uses the One-Group Pretest-Posttest Design. In this design, treatment will bi given after being treatment (Posttest) with student completeness scores (KKM). The data analysis technique used is data normality test, hypothesis testing, N-gain test, and effect size. The sampling technique in this study used group sampling technique and was carried out randomly. The research instrumen used was essay questions. Based on the results of hypothesis testing, it is known that the price of tcount ≥ ttables is 6.49 ≥ 2.03, it can be concluded that there is a significant positive effect of the treatment given (posttest) with the student’s completeness score (KKM). Based on the analysis of N-gain and effect size, the N-gain value of 0.60 is obtained in the medium category. The effect size value is 1.90 with a strong effect interpretation. This shows that there is consistency in the treatment given to student learning outcomes.

 

Keywords: guided inquiry; video; learning outcomes; blended learning.


Keywords


guided inquiry; video; learning outcomes; blended learning.

Full Text:

PDF

References


Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Fatmaryanti, S. D. (dkk). (2017). Implementasi Model Pemebelajaran Guided Inquiri dengan Multi Representasi. Deepublish.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Hatiti, A., Distrik, I. W., & Rosidin, U. (2021). The Effect of HOTS-Oriented Blended Learning Student Worksheets on Students’ Cognitive Learning Outcomes on Work and Energy Materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(3), 381. https://doi.org/10.20527/bipf.v9i3.11176

Juniati, & Huda, K. (2018). The effect of Blended Learning Model on students’ Writing Skill. JEET, Journal of English Education and Technology, 01(03), 1–4.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Roestiyah, N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Pelitian Kuantitatif. Deepublish.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Kencana.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Tasito.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: