PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN LAMONGAN

Firdaus Maulida, Titin Sunarti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis dan empiris instrumen tes literasi sains berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lamongan yang telah dikembangkan, serta mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D atau Research & Development) dengan langkah-langkah meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, draf final, uji coba, analisis, dan laporan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data penelitian didapatkan melalui lembar validasi ahli dan uji coba instrumen. Instrumen tes literasi sains yang dikembangkan berisi 22 butir soal uraian dengan memuat tiga kompetensi literasi sains. Kelayakan teoritis diperoleh melalui validasi tiga dosen validator dari jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya dan kelayakan empiris diperoleh melalui uji coba yang dilakukan oleh 30 peserta didik. Validitas atau kelayakan teoritis yang memuat aspek materi, konstruksi, dan bahasa didapatkan persentase rata-rata 92,78% berkategori sangat layak. Validitas atau kelayakan empiris yang memuat daya pembeda, tingkat kesukaran, reliabilitas, dan validitas item didapatkan 68% dari 22 butir soal atau 15 butir soal layak secara empiris. Profil kemampuan literasi sains peserta didik yaitu 3% berkategori sangat tinggi, 3% berkategori tinggi, 24% berkategori sedang, 3% berkategori rendah, dan 67% berkategori sangat rendah.

 

Kata kunci: instrumen tes; literasi sains; kelayakan teoritis; kelayakan empiris.

 

ABSTRACT

The research aims to describe the theoretical and empirical feasibility of scientific literacy test instrument based on local wisdom in Lamongan regency that has been developed, as well as to describe the scientific literacy ability profile of high school students. This research is a type of development research (R&D or Research & Development) with steps including potential and problem analysis, data or information collection, product design, design validation, design revision, final draft, experiment, analysis, and reports. This research uses quantitative descriptive of analysis method. Research data has been obtained through expert validation and instrumen experiment. The scientific literacy test instrument that has been developed contains 22 essay questions containing three scientific literacy competencies. Theoretical feasibility was obtained through the validation of three validator lecturers from the Department of Physics at State University of Surabaya and empirical feasibility was obtained through experiment conducted by 30 students. The validity or theoretical feasibility which includes aspects of material, construction, and language resulting an average percentage of 92.78% in the most feasible category. Empirical validity or feasibility which includes differential power, level of difficulty, reliability, and item validity obtained 68% of the 22 or 15 question items which were empirically feasible. The profiles of student’s scientific literacy abilities are 3% in the highest category, 3% in the high category, 24% in the medium category, 3% in the low category, and 67% in the lowest category.

 

 

Keywords: test instrument; scientific literacy; theoretical feasibility; empirical feasibility.


Keywords


test instrument; scientific literacy; theoretical feasibility; empirical feasibility.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Asmirani, U. (2013). Pengaruh LKS berbasis sains teknologi masyarakat terhadap kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA fisika di kelas VIII SMPN 1 Kubung kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 1(1).

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagiyono, B. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1 The Analysis of Difficulty Level and Discrimination Power of Test Items of Radiography Level 1 Examination. Widyanuklida, 16(1), 1–12.

Bocah Cilik Lamongan. (2016). Egrang. https://m.facebook.com/pages/category/Community-Organization/Bocah-Cilik-Lamongan-126024357885187/

Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 465–472.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a measure of scientific literacy for middle school students. Science Education, 98(4), 549–580.

Fu’adah, H., Rusilowati, A., & Hartono, H. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Literasi Sains untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Bertema Perpindahan Kalor dalam Kehidupan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 51–59.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Undip.

Griffin, P., & Care, E. (2014). Assessment and teaching of 21st century skills: Methods and approach. Springer.

Harosid, H. (2018). Kurikulum 2013 Revisi 2017. Tersedia Di Https://Scribd. Com.

Imron. (2019). Undik-undikan, Tradisi Tebar Uang Warga Lamongan untuk Ucap Syukur. https://jatim-idntimes-com.cdn.ampproject.org/v/s/jatim.idntimes.com/news/jatim/amp/imron/undik-undikan-tradisi-tebar-uang-warga-lamongan-untuk-ucap-syukur?usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D&amp_js_v=a9&amp_gsa=1#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&csi=0

Indrawati, M. D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian literasi sains fisika peserta didik pada bahasan gelombang bunyi di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(1).

Kempusan. (2016). Cikar “Glinding” Khas Sendangagung. https://luthfisutionoblog.wordpress.com/2016/05/04/cikar-glinding-khas-sendangagung/

Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI SAINS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI TRENGGALEK. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1). https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Musrotin. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Saintifik Terintegrasi Kearifan Lokal pada Materi Kalor di SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Nahdi, L. Z. (2013). Serunya Bermain Kekehan, Gasing Khas Lamongan. https://foto.tempo.co/read/4810/serunya-bermain-kekehan-gasing-khas-lamongan

Ngalim, P. (2007). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Karya.

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD.

OECD. (2016). Programme for Internasional Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015. Paris: OECD.

OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD.

OECD. (2019b). Programme for Internasional Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. Paris: OECD.

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rafika, A. (2020). Petik Laut Paciran, Tradisi Sedekah Bumi Termegah. https://www.kompasiana.com/amp/aldila16/5eabef9bd541df190d02a332/petik-laut-paciran-tradisi-sedekah-bumi-termegah

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini, C. P., Hartantri, S. D., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi mahasiswa PGSD FKIP universitas muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 166–179.

Rohman, S., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Analisis pembelajaran fisika kelas x sma negeri di kota cirebon berdasarkan literasi sains. Physics Communication, 1(2), 12–18.

Rosidah, F. E. (2017). Pengembangan Tes Literasi Sains Pada Materi Kalor Di Sma Negeri 5 Surabaya. Inovasi Pendidikan Fisika, 6(3).

Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.

Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2016). Pengembangan instrumen asesmen literasi sains tema energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147–154.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta Bandung.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta Bandung.

Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi sains dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran sistem ekskresi menggunakan pedoman praktikum berbasis literasi sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 32–36.

Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: humaniora.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116.

Willy Astuti, O., & Hilda Putri, D. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester II (Development of the Scientific Literacy Assessment Based on Science Subjects Class VIII Semester II). In Okta Willy Astuti (Vol. 1).

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 266426.

Zulyanti, N. R., Fibriyani, Y. V., & Handayati, R. (2018). PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI GERABAH DI DESA GAMPANG SEJATI LAREN LAMONGAN DENGAN PENDEKATAN INOVASI PRODUK. Sosial Humaniora, 1(1), 83–86.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: