KAJIAN KONSEP PERLAYANGAN GELOMBANG BERDASARKAN HASIL KOMPUTASI NUMERIK

Iryan Dwi Handayani, Fahrudin Ahmad

Abstract


ABSTRAK

Ilmu tentang gelombang adalah salah satu dasar untukmengembangkan peralatan yang kita gunakan dewasa ini, mulai dari smartphone, televisi dan perlatan masakpun ada yang menggunakan gelombang. Pembelajaran gelombang ini sudah didapatkan semenjak berada di bangku sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Akan tetapi persamaan gelombang sangatlah sulit untuk dipahami, karena rumusan matematisnya yang sangat kompleks. Komputer merupakan suatu perangkat modern yang memiliki banyak kelebihan, antara lain kemampuan numeriknya yang bagus, bisa memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan pengoperasiannya sangat mudah. Tujuan dari penelitian ini untuk memvisualisasikan grafik perlayangan gelombang dengan menggunakan excel dan matlab Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dilakukan dua tahapan penelitian dan dilaksanakan di laboratorium fisika Universitas Semarang. Peneliti mensimulasikan dari variabel amplitudo dan frekuensi gelombang, sehingga  diperoleh visualisasi grafik perlayangan gelombang.  Grafik yang dihasilkan dengan menggunakan Excel dan Matlab sama. Tetapi dengan menggunakan Matlab lebih praktis karena grafiknya hanya dihasilkan dalam satu pandangan tiga dimensi saja, sedangkan dengan  menggunakan Excel hasil grafik yang diperoleh terbagi dalam bentuk dua pandangan yaitu dua dimensi.

 

Kata kunci : perlayangan gelombang; komputasi numerik; matlab

 

ABSTRACT

The science of waves is one of the basics for developing the equipment we use today, from smartphones, televisions and cooking utensils, some use waves. This wave of learning has been obtained since elementary school to high school. However, the wave equation is very difficult to understand, because the mathematical formulation is very complex. The computer is a modern device that has many advantages, including good numerical capabilities, being able to visualize data in graphical form and operating very easily. The purpose of this research is to visualize the wave gliding graph using excel and matlab. The research method used is a quantitative method, carried out in two stages of research and carried out in the physics laboratory of the University of Semarang. The researcher simulates the amplitude and frequency of the waves, so that a graphic visualization of the wave gliding is obtained.

Graphs generated using Excel and Matlab are the same. But using Matlab is more practical because the graph is only in one 3-dimensional view, while using Excel the graph is divided into two views in 2 dimensions.

 

Keywords: wave gliding; numerical computing; matlab


Keywords


wave gliding; numerical computing; matlab

Full Text:

PDF

References


Benacka, J., & Ceretkova, S. (2017). Free fall in a vacuum and in the air – calculating limits using a real example and demonstrating the limiting process to high school students using Excel. Spreadsheets in Education, 9(3), 3.

Connery, K. F. (2007). Graphing Grap Pr ed ictions. В The Science Teacher (с-ци 42–46).

Handayani, I. D., Margiantono, A., Ahmad, F., Teknik, F., Semarang, U., & Pendahuluan, I. (2018). VISUALISASI KONSEP PERLAYANGAN GELOMBANG DENGAN Grafik Simpangan thd Waktu. 10(2), 33–36.

Lau, M. (2016). Spreadsheet Implementation of Numerical and Analytical Solutions to Some Classical Partial Differential Equations. Spreadsheets in Education (eJSiE), 9(3), 1.

Sabda, D., Prasetya, B., Kinasih, I. P., Program, D., Pendidikan, S., & Mataram, F. I. (2014). BERDASARKAN HASIL KOMPUTASI NUMERIK Dosen Program Studi Pendidikan Matematika , FPMIPA IKIP Mataram. 2(2), 217–219.

Sukajaya, I. N. (2010). MEMPELAJARI KONSEP MATEMATIKA YANG TERSEMBUNYI PADA TABEL PERKALIAN MELALUI SPREADSHEET. JPTK, UNDIKSHA, 7, 1–12.

Sutardi. (2010). Pengembangan Ajar Spreadsheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIV HFI Jateng & DIY, 24(April), 168–179.

Tjia, M. . (1994). Gelombang. Dabara Publisher.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: