AKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN DARING DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA

Elvira Ariyanto Pakaya, Masri Kudrat Umar, Supartin Supartin, Asri Arbie, Dewa Gede Eka Setiawan, Citron S. Payu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat aktivitas siswa saat kegiatan asesmen dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring pada materi gejala pemanasan global di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila, SMA Negeri 1 Tapa, dan SMA Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 314 siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan asesmen pada pembelajaran daring materi gejala pemanasan global di kelas XI  IPA, berdasarkan  indikator persiapan dan pelaksanaan dapat dilihat mendapapatkan nilai presentase sebesar 71.06% dengan kriteria cukup baik dan indikator pelaksanaan diperoleh presentase sebesar 67.42% dengan kriteria cukup baik. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata peserta didik di 3 sekolah setuju dengan pentingnya kesiapan diri sebelum dan saat kegiatan asesmen dilakukan. Hasil belajar siswa di ketiga sekolah rata-rata berada diatas nilai KKM (75). Untuk nilai rata-rata hasil belajar di SMA Negeri 1 Kabila 77.30, SMA Negeri 1 Tapa 79, dan SMA Negeri 1 Suwawa 76.08.

 

Kata kunci: aktivitas asesmen; pembelajaran daring; hasil belajar.

 

ABSTRACT

This study aims to find out and see the student activities when assessment activities and student learning outcomes in online learning on global warming symptom material in class XI IPA SMA Negeri 1 Kabila, SMA Negeri 1 Tapa, and SMA Negeri 1 Suwawa. The research method used is descriptive quantitative. The research subjects were 314 students of class XI science. Data collection techniques using questionnaires and learning outcomes tests. The data analysis technique used descriptive analysis and quantitative analysis. The results of this study indicate that the assessment activity in online learning material on global warming symptoms in class XI IPA, based on the preparation and implementation indicators, can be seen to get a percentage value of 71.06% with good enough criteria and implementation indicators get a percentage of 67.42% with good enough criteria. This shows that the average student in 3 schools agrees with the importance of self- preparation before and during assessment activities. The average student learning outcomes in the three schools are above the KKM score (75). For the average value of learning outcomes at SMA Negeri 1 Kabila 77.30, SMA Negeri 1 Tapa 79, and SMA Negeri 1 Suwawa 76.08.

 

Keywords: assessment activity; online learning; learning outcomes.


Keywords


assessment activity; online learning; learning outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.8480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: