PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PENGGUNAAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran model problem solving dengan penggunaan simulasi phet terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Prosedur pada penelitian ini meliputi persiapan, validasi instrument, pretest, pemberian perlakuan, posttest dan pengelolahan data. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI Mia 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dari soal posttest. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil kelas eksperimen sebesar 74,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 74% sedangkan pada kelas kontrol rata-rata sebesar 63,84 dengan persentase ketuntasan 38% peserta didik. Analisis pengaruh model problemsolving dengan penggunaan simulasi phet terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan uji-t, hasil yang diperoleh thitung> ttabel dengan nilai thitung = 3,7805 dan ttabel = 0,679. Berdasarkan hasil data tersebut diperoleh bahwa adanya pengaruh model problem solving dengan penggunaan simulasi phet terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Model problem solving; simulasi phet; hasil belajar.
ABSTRACT
The study aims to look at effect of learing problem solving models with the use of phet simulations on student learning outcomes in cognitive domain. This types of research uses Quasi Experimental Design in the form of Nonequivalent Control Group Design. The procedures in this study include the preparation, instrument validation, pretest, treatment, posttest, and data management. The population of this research is all of XI Mia’s class. The sample in this study is class XI Mia 2 as an experimental class and class XI Mia 1 as a control class using the Random Sampling Technique. Data from this study were obtained from the posttest questions. The result obtained showed that the average results of the experimental class was 74,35 with a percentage of completeness of 74% while in control class an avarage of 63,84 with a percentage of completeness of 38% of students. Analysis of the effect of problem solving models using the use of phet simulations on student learning outcomes is done by t-test, the results obtained tcount > ttable with tcount = 3.7805 and ttable = 0,679. Based on the results of these data obtained that the influence of the model problem solving with the use of phet simulations on student learing outcomes.
Keywords: Model problem solving; phet simulation; learning outcomes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta
Djamarah, Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Edi, Iskandar. (2016). Penggunaan Multimedia Laboratorium Virtual Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Lahat. Jurnal Pendidkan Fisika. 3(1). 1-6.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, M. (2016). Model –model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar: Jakarta
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Setiadi, R. & Muflika, A. A. (2012). Eksplorasi Pemberdayaan Couseware Simulasi Phet untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2). 258-270
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8512
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: