MODEL PEMBELAJARAN IPA SECARA KAFAH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran IPA secara kafah sebagai pemecahan permasalahan multidimesional yang dihadapi peserta didik saat ini dan dimasa yang akan datang. Model yang didapat merupakan hasil pemikiran, analisa dan penelahaan buku, artikel, tulisan ilmiah dan diskusi dengan pakar pendidikan serta pengalaman dalam memberikan pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran IPA di SEQIP. Model mempunyai 3 tahapan pokok yaitu pembuka pelajaran, kegiatan inti dan kegiatan pemantapan. Tahapan utama yang berisi kebermaknaan konsep yang ditemukan terdapat pada tahapan setelah kesimpulan dan kegiatan pemantapan yaitu menyampaikan kebermaknaan konsep yang didapatkan dengan mengintegrasikan pada religi, moral, sikap dan akhlak dan penerapan konsep yang ditemukan terhadap sains, teknologi, rekayasa dan matematika.
Kata kunci: model pembelajaran; IPA; kafah.
ABSTRACT
This study aims to find a comprehensive science learning model as a solution to multidimensional problems faced by students today and in the future. The model obtained is the result of thinking, analyzing and reviewing books, articles, scientific writings and discussions with education experts as well as experience in providing training to improve the quality of science learning at SEQIP. The model has 3 main stages, namely opening lessons, core activities and strengthening activities. The main stages that contain the meaningfulness of the concepts found are found in the stages after the conclusion and consolidation activities, namely conveying the meaning of the concepts obtained by integrating them into religion, morals, attitudes and morals and applying the concepts found to science, technology, engineering and mathematics.
Keywords: learning model; science; kafah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Purwanto. (2008). Ayat-Ayat Semesta (Sisi-Sisi Al-Quran yang Terlupakan. Bandung: Mizan Media Utama.
Abidin,Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adiatama
Caulley, DN (2007). Melakukan penelitian tinjauan pustaka: Dari internet hingga makalah [Resensi buku]. Jurnal Penelitian Kualitatif, 9(2), 103-104.
Dewi Utami Swary. (2020). Fisika Kuantum: Jembatan antara Sains dan Spiritualitas. From https://hijauku.com/2022/02/19/fisika-kuantum-jembatan-antara-sains-dan-spiritualitas/
Fink, A. (2014). Melakukan tinjauan literatur penelitian: Dari internet hingga kertas. SAGE Publications Inc. https://libguides.usc.edu/writingguide/literaturereview
Hidayat, R. (2015). Berani bicara pendidikan. Jakarta: Unpak.
Hamidah, Gunawan, & Muhammad Taufik. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(1), 27-34.
Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.
Klinger. Walter. (1997). Survei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe.
Miles, MB, Huberman, AC, & Saldana, J. (2019). Analisis data kualitatif. SAGE https://us.sagepub.com/enaus/nam/qualitative-databook246128#contents
Matsuki, M. Ishom. (2003). Intelektualisme Pesantren : Potret tokoh dan Cakrawala Pemikiran. Jakarta: Lentera.
Nata, Abudin. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. di Sekolah. Journal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 93-98, from to https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Nata%2C+Abudin.+1997.+Filsafat+Pendidikan+Islam.+&btnG=
Oemar Hamalik, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Rifai, Muhammad. (2011). Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: ArRuz Media
Rohman, Saifur. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno Satira. (2022). Muslim Kafah-1 dalam Persepsi Saintis. Bandung: ITB Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: