RESPON SISWA TERHADAP METODE PYTHAGORAS SEBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN SOAL ENERGI RELATIVISTIK

Bambang Supriadi, Singgih Bektiarso, Arita Fajar Damasari, Putri Indah Ramadhani, Trias Rizqi Febrianti, Lubna Lubna

Abstract


ABSTRAK

Teori relativitas khusus merupakan teori yang dikembangkan Albert Einstein berkaitan kerelativitasan ruang dan waktu. Penelitian bertujuan mengetahui respon siswa Sekolah Menengah Atas terhadap penyelesaian soal energi relativistik dengan metode phytagoras. Metode penelitian adalah metode penelitian survei dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 28 orang. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dari peneliti sebelumnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh menggunakan angket respon siswa. Angket yang digunakan menggunakan skala likert mengacu pada tiga respon siswa yakni kognitif, afektif dan konatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengaruh positif terhadap penyelesaian energi relativitik dengan metode phytagoras dengan presentase dimensi kognitif sebesar 71,11 %, afektif sebesar 69,03 % dan konatif sebesar 70,75 %. Secara keseluruhan siswa memberikan respon sebesar 70,29 % yang termasuk pada kategori kuat.

 

Kata kunci: pembelajaran fisika; metode phytagoras; energi relativistik.

 

ABSTRACT

The special theory of relativity is a theory developed by albert einstein regarding the relativity of space and time. This study aims to determine the response of high school students to solving relativistic energy problems using the Pythagoras method. Phitagoras method is a survey research with 28 students in the class XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Jember in the 2021/2022 academic year. This research is a development research from previous researchers. The sampling technique in this research is using saturated sampling using student response questionnaires. The questionnaire used using the Likert scale refers to three student responses, namely cognitive, affective and conative. Based on the results of the study obtained a positive influence on the completion of relativistic energy with the phytagoras method with the percentage of cognitive dimensions of 71.11%, affective of 69.03% and conative of 70.75%. Overall, students gave a response of 70.29% which is included in the strong category.

 

Keywords: physics learning; the Pythagoras method; relativistic energy.


Keywords


physics learning; the Pythagoras method; relativistic energy.

Full Text:

PDF

References


Abbas, & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. ournal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3273/4228

Agustina, I., Astuti, D., Program, , Fisika, S. P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2016). Unnes Physics Education Journal PENGEMBANGAN ALAT EKSPERIMEN CEPAT RAMBAT BUNYI DALAM MEDIUM UDARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME OF FLIGHT (TOF) DAN BERBANTUAN SOFTWARE AUDACITY Info Artikel Abstrak. Upej, 5(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Annauval, R. A., & Ghofur, M. A. (2021). Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2114–2122. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/761

Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2015). Analisis Keterampilan Bertanya Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Juornal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.7204

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Haqiqi, A. K., & Sa’adah, L. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Materi Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kota Semarang. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 39. https://doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.4044

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Khasanah, R. U., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2019). Aplikasi Metode Pythagoras Dalam Penyelesaian Soal- Soal Relativitas Khusus Einstein Terhadap Hasil. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(1), 24–31.

Kurnia, A. (2021). Konsep Pemahaman Teori Relativitas Khusus Einstein Tentang Pemuaian Waktu. Tedc, 15, 173.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemamuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mangei, F. A., Komariyah, L., & ... (2021). Respon Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Sendawar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Bidang Studi Geografi. Jurnal Pendidikan …, 9(3), 155–163. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/32646%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/download/32646/20121

Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. (2018). Respon Siswa Terhadap Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas Xi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.771

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Okun, L. B. (2009). The theory of relativity and the Pythagorean theorem. Energy and Mass in Relativity Theory, 622, 285–304. https://doi.org/10.1142/9789812814128_0030

Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Sebagai Alternatif Sumber Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874

Rachmat Rizaldi, & Syahlan. (2020). Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 1–5. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.340

Rahma, R., & Fatimah, F. (2019). Peningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Model Numbered Head Together (Nht) Berbasis Multimedia. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 40. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.2019

Rendi, R., Sumaryati, S., & Purwanti, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Materi Pokok Pengukuran Untuk Siswa SMA Negeri 1 Compreng. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 74–83. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.488

Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.586

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: