PERSEPSI SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ONLINE PADA KELAS XI-MIPA SMA ADABIAH PADANG

Nadya Putri Herman, Berliana Putry Armanda, Desnita Desnita

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan atau persepsi siswa tentang media pembelajaran online selama masa pandemi lalu. Penelitian ini dilakukan di SMA Adabiah Padang kelas XI MIPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini lebih berpusat pada pandangan manusia.  Untuk memperoleh informasi, peneliti menyebarkan angket secara online melalui google form. Terdapat 30 responden yang bersedia mengisi angket, secara keseluruhan disimpulkan bahwa media pembelajaran online di SMA Adabiah Padang menurut pandangan siswa adalah dikategori sedang, dikarenakan semua fasilitas belajar online baik dirumah atau disekolah telah tersedia.

 

Kata kunci: persepsi; efektivitas; media pembelajaran.

 

ABSTRACT

This study aims to known the views or perceptions of students about online learning media during the past pandemic. This research was conducted at SMA Adabiah Padang class XI MIPA. This research were a qualitative research because this research was more centered on the human view. To obtain information, the researcher distributed an online questionnaire through a google form. There were 30 respondents who were willing to fill out a questionnaire, overall it was concluded that online learning media at Adabiah Padang High School according to students' views was in the moderate category, because all online learning facilities both were available at home and at school.

 

Keywords: perception; effectiveness; learning media.


Keywords


perception; effectiveness; learning media.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2001). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

David, W. (2008). Naturalistic Inquiry Materials. FPS - IKIP Bandung.

Faturrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif : Alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan (1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Hardani, Hikmatul, A. N., Ardiani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Meri, D., & Agreini, R. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Pada Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 4(2), 1–23.

Moleong. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) [Distance Learning based on Information and Communication Technology (ICT)].

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.

Talu, M. M., Kristanto, W. H., & Santhalia, P. W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Fisika Daring di Era PAndemi Covid-19 Pada Sekolah yang Kesulitan Akses Internet (Studi Kasus Sekolah di Kabupaten Sumba Barat). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 196–202. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9369

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: