PENGEMBANGAN LKS G-JKO PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA MTs AL-RAISIYAH MATARAM

M. Isnaini, Johri Sabaryati, Alfiah Fadillah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui kelayakan LKS G-JKo pada meteri pesawat sederhan untuk meningkatkan motivasi dan hasil bekajar siswa kelas VIII (2) mengetahui keefektifan LKS G-JKo untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (3) mengetahui kepraktisan LKS G-JKo.populasi dalam penelitian ini adalah semmua siswa kelas VIII MTs AL-Raisiyah Mataram. Instrument tes yang digunakan
berupa tes soal dan tes angket yang telah diuji kelayakanny, antara uji validitas, uji reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data digunakan uji persyaratan analisis yang meliputi uji
normalitas, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-tberkolersi, sedangkan dalam pengukuran motivasi digunakan teknik analisis databerupa data kualitatif diperoleh peningkatan untuk perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan dengan dengan menggunakan N-Gain masing-masing sebesar 0,86; ,82; ,80; 0,55 sedangkan untuk hasil belajar N-Gainnya sebelum diuji normalitasnya 0,79, semua kategori tinngi.
Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung 2,71dan ttabel = 1,171 (thitung > ttabel) yang menunjukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima menyatakan media
pengembangan LKS G-JKo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada matri pesawat sederhana


Keywords


Pengembangan LKS G-JKo Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2014. pengembangan media pembelajaran interaktif mata kulia medan elektromagnetik. Jurnal edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1 Maret 2009

Anonim. 2005. Pedoman Penyususnan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Arsyad,Ahmad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar. 1993. Proses Belajar Mengajar Pada CBSA dan LKS. Surabaya: Usaha Nasional.

Azwar,S. 2015. Tes prestasi edisi 2. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Citra,Yudin.2012.Belajar Dan Pembalajaran. Jakarta Bumi Aksara

Daryl Hanna, dkk.2016. Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika di sma. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. ISSN: Vol. 5 No. 1.

Eko K Dian, dkk. 2012. Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) dengan Pendekatan Investigasi Kelompok Guna Mengoptimalkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. ISSN Vol.3.No.1.

Emzir. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hake. R. R. (1889). Interactive-engegement versus traditional methods: A six-thousen- stiden survey of mechanichs test data for intrukdutory physics courses. American journal of physics 66,64(1998). 10. 1119/1.18809.

Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Karso. 1993. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Depdikbud.

Nurhayati fitri. 2015. Pengembanggan LKS Berbasis problem based learning (PBL) pokok bahasa tahap pencatatan akutansi perusahaan jasa. Program pendidikan Ekonomi Universitas Negri Semarang. ISSN 2252-6889.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Rohman, Janah, dkk. 2015. pengembangan lembar kegiatan siswa materi luas bangun datar berbasis metode pembelajaran discovery untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan matematika (2015) vol.4 no. 2.

Rusman. 2013. Model-model Pembalajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Sartiyah, dkk. 2015. Pengembangan lks fisika materi kalor dan perubahan Wujud bermuatan karakter dengan pendekatan scientific. unnes physics education journal. ISSN 2252-6935.

Sardiman. 2012. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Pers.

Setyorini, W. 2014. Pengembangan Lks Fisika Terintegrasi Karakter Berbasis Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ISSN 2252-6935.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Susanto, A. 2016.Teori Belajar Pembelajaran.Prenadamedia Group

Uno,Hamzah. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah, dkk. 2014. .Assesment Pembelajaran.Bumi Aksara

Winkel, W. 2002. Teori Belajar Pembelajaran.Prenadamedia Group.

Yuli,dkk. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Pembelajaran Fisika Sma Kelas X Pada Materi Elastisitas. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. ISSN: 2355 – 7109.

Yusuf Muri. A. 2015. Asesmen dan Evaluasi Belajar. Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: