KAJIAN KINEMATIKA GERAK PADA GERAK KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN KABUPATEN NGAWI SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA

Heni Ruspitasari, Supeno Supeno, Yushardi Yushardi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang fenomena gerak kendaraan bermotor di jalan Kabupaten Ngawi yang dapat dioptimalkan menjadi sumber belajar fisika SMA. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji karakteristik besaran dinamis dan karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi serta pemanfaatannya sebagai desain sumber belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengukur kecepatan, jarak tempuh dan waktu tempuh kendaraan sepeda motor saat melintasi jalan menurun. Selanjutnya dilakukan interpretasi data dalam bentuk grafik. Hasil kajian karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan Kabupaten Ngawi menunjukkan bahwa karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan menurun di kabupaten ngawi adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat, sedangkan karakteristik jenis gerak pada gerak kendaraan di jalan mendatar setelah melintasi lintasan menurun adalah jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat. Hasil kajian kinematika digunakan sebagai data utama rancangan sumber belajar yang berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Kegiatan pembelajaran dalam desain LKPD ini mampu melatih keterampilan observasi, pengelompokan, penggunaan angka atau bilangan (berhitung), prediksi, eksperimen, dan keterampilan.

 

Kata kunci: kinematika; gerak kendaraan; sumber belajar.

 

ABSTRACT

This study discusses the phenomenon of motorized vehicle motion on the Ngawi Regency road which can be optimized as a source of high school physics learning. The purpose of this study was to examine the characteristics of dynamic quantities and the characteristics of the type of motion in the motion of vehicles on the Ngawi Regency road and their use as a physics learning resource design. The type of research used is quantitative research with survey methods. This research was conducted by measuring the speed, distance, and travel time of a motorcycle when crossing a downhill road. Furthermore, the interpretation of the data in the form of graphs is carried out. The results of the study of the characteristics of the types of motion on the motion of vehicles on the road in Ngawi Regency show that the characteristics of the types of motion on the motion of vehicles on the downhill road in Ngawi Regency are the type of accelerated linear motion (GLBB), while the characteristics of the type of motion on the motion of the vehicle on a horizontal road after crossing the track. Downhill is a type of uniformly changing straight motion (GLBB) that is slowed down. The results of the kinematics study are used as the main data for the design of learning resources in the form of student worksheets (LKPD). The learning activities in the LKPD design can train observation, grouping, use of numbers (counting), prediction, experimentation, and communication skills.

 

Keywords: kinematics; vehicle movement; learning resources.


Keywords


kinematics; vehicle movement; learning resources.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2016). Fisika Dasar 1. Fisika Dasar 1. Bandung: Institut Teknologi Bandung Press.

Agustin, P. U. W., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal “Batik Lumbung dan Tahu Tamanan” untuk Siswa SMA di Kecamatan Tamanan Bondowoso (materi suhu dan kalor). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 62–69.

Faizah, S. (2017). Kajian Gerak Melingkar pada Sepeda sebagai Rancangan Bahan Ajar Fisika SMA. Skripsi. Universitas Jember.

Fani, S. D. (2017). Kajian gerak parabola pada permainan bola basket sebagai sumber belajar fisika di SMA. Skripsi. Universitas Jember.

Fuadi, M. A., Astutik, S., & Harijanto, A. (2018). Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tujuh Bidadari Kabupaten Jember Berbasis Sensor Waterflow. FKIP e-PROCEEDING, 3(1), 351–355.

Handayani, I. D., Bektiarso, S., & Astutik, S. (2019). Kajian kinematika jalur wisata gunung bromo melalui senduro- lumajang sebagai e-suplemen bahan ajar fisika SMA. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 4(1), 146–151.

Himmah, F., Subiki, & Supeno. (2021). Pengembangan modul pembelajaran fisika SMA pokok bahasan fluida statis berbasis potensi lokal pada waduk Lecari Banyuwangi. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 343–350.

Kurniawan, A. I. P., Supeno, & Bektiarso, S. (2021). Identifikasi konsep dinamika fluida pada aliran dam sawah menggunakan metode apung (floating method). Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 108–119.

Maliasih, Sulhadi, & Hindarto, N. (2015). Pengembangan Alat Peraga Kit Hidrostatis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tekanan Zat Cair pada Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 4(3), 50–57.

Mulyasa, E. (2006). Kurkulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Oktaviani, W., Gunawan, & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 1–7.

Safitri, E. M., Maulidina, I. F., Zuniari, N. I., Amaliyah, T., Wildan, S., & Supeno. (2022). Keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berbasis laboratorium alam tentang biopori. Jurnal Basicedu, 6(2), 2654–2663.

Sarojo, G. A. (2002). Seri Fisika Dasar Mekanika. Jakarta: Salemba Teknika.

Tebabal, A., & Kahssay, G. (2015). The Effects of Student-Centered Approach in Improving Students Graphical Interpretation Skills and Conceptual Understanding of Kinematical Motion. International Journal for Physics Education, 5(2), 374–381.

Ulfa, A., Supeno, & Bektiarso, S. (2021). The characteristics of the elevator motion based on the object’s apparent weight. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(1), 19–31.

Virani, W. S., Supeno, & Supriadi, B. (2018). Kajian kinematika gerak pada jalur lokasi kecelakaan berisiko tinggi (blackspot) sebagai sumber belajar fisika di SMA. Jurnal JRKPF UAD, 5(1), 22–29.

Wahyuningsih, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment berbasis Web untuk menilai sikap ilmiah pada pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 338–343.

Wibowo, F. C., Suhandi, A., Rusdiana, D., Ruhiyat, Y., & Darman, D. R. (2016). Microscopic Virtual Media (MVM) in Physics Learning to Build a Scientific Conception and Reduce Misconceptions: A Case Study on Students’ Understanding of the Thermal Expansion of Solids. International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education (ICIEVE), (January 2016), 1–10.

Yuliani, E., Nudzikrinia, A. S., Setianingrum, R., Sari, A. N., & Supeno. (2022). Improving critical thinking skills of elementary school students through composter innovation learning. Pancaran Pendidikan, 11(1), 45–56.

Yunansah, H. (2018). Fenomena Fisika Dalam Mengembangkan Keterampilan Sains Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 111–118.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: