PENGARUH MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Jember pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA dengan sampel 2 kelas diantaranya sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari nilai pretest dan nilai posttest. Penelitian ini menghasilkan data rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 50,25 dan 37,42. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T-Test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Creativity berbantuan PhET Simulation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan momentum dan impuls.
Kata kunci: model pembelajaran collaborative creativity; PhET simulation; hasil belajar siswa.
ABSTRACT
This study aims to examine the effect of the PhET Simulation-assisted Collaborative Creativity learning model on student learning outcomes on the subject of momentum and impulse. This research was conducted at Ambulu Public High School in the even semester of the 2021/2022 academic year. This type of research is an experimental research with a pretest-posttest control group design. The subjects in this study were students of class X MIPA with a sample of 2 classes including the experimental class and the control class. Data collection was obtained from the pretest and posttest scores. This study resulted in the average data of student learning outcomes in the experimental class which was greater than the control class, namely 50.25 and 37.42. The data was then analyzed using the T-Test test to determine whether there was an effect of the PhET Simulation-assisted Collaborative Creativity learning model on students' physics learning outcomes. Based on the results of the analysis, obtained a significance value of 0.004 <0.05, so it can be concluded that learning by applying the Collaborative Creativity learning model assisted by PhET Simulation has an effect on student learning outcomes on the subject of momentum and impulse.
Keywords: collaborative creativity learning model; PhET simulation; learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, Dini Atrasina Ludyas, Sri Astutik dan Albertus Djoko Lesmono. (2019). Pengaruh Model Collaborative Creativity (CC) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. Jurnal Saintifika. Vol. 21 (1).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, Silvia Qaulina, I Ketut Mahardika, Indrawati. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash disertai LKS yang Terintegrasi dengan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4 (4).
Febniani, Eva Rahayu., Muhammad Taufik., Hikmawati dan Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Simulation (Physics Education Technology) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Kappa Journal. Vol. 6 (1).
Hanna, Daryl, Sutarto dan Alex harijanto. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.5 No.1.
Khasanah, R. U., Supriadi, B., dan Prastowo, S. H. B. (2019). Aplikasi Metode Phythagoras dalam penyelesaian Soal-soal Relativitas Khusus Einstein terhadap Hasil. Jurnal Pembelajarn Fisika. Vol. 8 (1).
Khoiroh, N., Munoto, dan Lilik Anifah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 10 (2).
Lestari, Yenni Novita., Eko Swistoro dan Andik Purwanto. (2019). Pengaruh Pembelajaran dengan Model Problem Solving Fisika terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika. Vol 2 (2).
Martanti, N., E R Malika, dan A Setyaningsih. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual menggunakan PhET terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi.
Nana. (2020). Penerapan Eksperimen Virtual PHET terhadap Model Pembelajaran POE2WE pada Tumbukan untuk Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 7 (1).
Ni’mah, Lutfiatun, Sri Astutik, dan Maryani. (2018). Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Afektif Kolaboratif Ilmiah Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018. ISSN : 2527 – 5917, Vol. 3 No 2.
Payadnya, I Putu Ade Andre. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Pratiwi, Dian, Sri Astutik, dan Maryani. (2018). Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbantuan Virtual Laboratory pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 7 (3): 229.
Rendi, R., Sumaryati, S., dan Purwanti, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Materi Pokok Pengukuran untuk Siswa SMA Negeri 1 Compreng. Navigation Physics: Journal of Physics Education. Vol. 2(2)
Rizaldi, Dedi Riyan, A. Wahab Jufri dan Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 5 (1).
Sadiman,Widyaningsih, Sri Wahyu dan Irfan Yusuf. (2018). Penerapan Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika II di Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Papua. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol. 6 (2).
Saputra, Rozi, Susilawati dan Ni Nyoman Sri Putu Verawati. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA. Vol.15 No.2.
Sudana, I Putu Ari dan I Gede Astra Wesnawa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TIPE STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1).
Zahro, Yesy Fatimatus, Sri Astutik, dan Maryani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) disertai Teknik Probing Prompting terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 2 Jember. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018. ISSN : 2527 – 5917, Vol. 3 No 2.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: