PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PhET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI PLUS SUKOWONO MATERI USAHA DAN ENERGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Subiki Subiki, Ahmad Nor Hamidy, Elma Tri Istighfarini, Ferdy Yusril Hikam Suharsono, Sheika Fatma Diana Putri

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat mengharuskan semua orang untuk dapat beradaptasi dengan berbagai teknologi yang ada. Termasuk profesi guru yang merupakan tombak kemajuan pendidikan di suatu negara. Guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan menciptakan inovasi pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien bagi siswa. Salah satu pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan adalah Physics Education and Technology (PhET) Simulation. Simulasi PhET merupakan sebuah laboratorium virtual yang sangat bermanfaat terutama dalam pembelajaran sains seperti fisika, biologi, matematika, dan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAN Plus Sukowono. Data yang di analisis adalah hasil Pre-test dan Post-test yang akan disajkan menggunakan diagram batang berbantuan excel dengan menggunakan metode eksperimen yang terdiri atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Phet Simulation sebagai media pembelajaran materi usaha dan energi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN Plus Sukowono yang ditunjukkan dari selisih nilai rata – rata antara pre test dan post test kelas eksperimen sebesar 9,28.

 

Kata kunci: simulasi PhET; pengaruh; usaha dan energi

 

ABSTRACT

Advances in technology and information that are increase rapidly require everyone to be able to adapt to various existing technologies. Including the teaching profession which is the spearhead of educational progress in a country. Teachers must be able to keep up with the times and create interesting, effective, and efficient learning innovations for students. One of the uses of technology in education is Physics Education and Technology (PhET) Simulation. PhET Simulation is a virtual laboratory that is very useful especially in learning sciences such as physics, biology, mathematics, and chemistry. This study aims to determine the effect of using PhET simulation on student learning outcomes in the matter of work and energy. The population of this study were students of class XI IPA 1 at SMAN Plus Sukowono. The data analyzed are the results of the Pre-test and Post-test which will be presented using an excel-assisted bar chart.

 

Keywords: PhET simulation; impact; effort and energy


Keywords


PhET simulation; impact; effort and energy

Full Text:

PDF

References


Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23.

Dienyati, N. H., Werdhiana, I. K., & Wahyono, U. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Siswa berdasarkan Multirepresentasi pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMAN 1 Banawa Tengah. Kreatif ONline, 8(1), 74–84.

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.

Handayani, A. (2018). Identifikasi Kesulitan Siswa SMA pada Materi Usaha-Energi. Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 15.

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Herliandry, L. D., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Istyowati, A., Kusairi, S., & Handayanto, S. K. (2017). Analisis Pembelajaran dan Kesulitan Siswa SMA Kelas XI Terhadap Penguasaan Konsep Fisika. Prosiding Seminar Nasional Iii Tahun 2017, April, 237–243.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32.

Nefrita, N. (2019). Implementation of Phet Learning Media in Efforts To Improve Activities and Physics Learning Outcomes of Students in Class Xi Sma 4 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 46.

Noer, Zikri dan Dayana, I. (2021). FISIKA TERAPAN. Guepedia.

Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran Daring Melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 182–189.

Rivaldo, L., Reyza, M., Taqwa, A., Faizah, R., Fisika, P., Fisika, J., Malang, U. N., Fisika, P., & Yogyakarta, U. N. (2019). http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA. 7(2), 157–163.

Yuafi, M., & . E. (2015). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PhET (Physics Education Technology) SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 407–414.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.9586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: