Pengembangan Media Papan Perbandingan sebagai Alat Bantu dalam Mengatasi Kesulitan Pemahaman Matematika pada Siswa kelas I SD

Novasari Novasari, Ahmad Sudi Pratikno

Abstract


Abstrak: Melalui pembuatan materi papan perbandingan, proyek ini bertujuan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahaman matematika di kelas I SD Negeri Banjarsari, Bandarkedungmulyo, Jombang pada tahun ajaran 2024-2025. Desain penelitian research and development (R&D) dengan melibatkan 10 siswa kelas I digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil post-test, data menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81,6% menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal. Kuesioner terbuka, wawancara, dan observasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Penelitian dan pengembangan materi perbandingan bilangan kelas I SD untuk papan perbandingan dalam pembelajaran aritmatika menghasilkan temuan bahwa; (1) Teknik pengumpulan data memperoleh hasil berupa media pembelajaran matematika papan perbandingan yang telah dianggap valid dan praktis melalui uji validitas dan uji praktikalitas. Tahap evaluasi memperoleh hasil berupa evaluasi atau perbaikan media pada setiap tahap. Tahap analisis dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dan alat bantu pemahaman materi berupa media papan perbandingan. Miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa terkait materi perbandingan bilangan yaitu dilakukan melalui kuis langsung terhadap pemahaman siswa. Berdasarkan hasil kuis yang dilakukan siswa sering kali menjawab kuis dengan cara menambahkan angka pada kuis, yang sebenarnya harus siswa lakukan adalah membagi habis bilangan yang ada pada kuis lalu di bandingkan. Hal ini yang menyebabkan siswa belum mengetahui materi prasyarat yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum ke materi perbandingan bilangan. Tahap desain memperoleh rancangan media pembelajaran matematika sehingga dapat dikembangkan media pembelajaran matematika papan perbandingan yang menarik; dan (2) Dengan tingkat validitas 88%, media pembelajaran papan perbandingan dianggap layak. Pada uji kepraktisan, media pembelajaran matematika papan perbandingan memperoleh nilai 85,14% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika papan perbandingan sangat praktis.

Abstract: Through the creation of comparison board materials, this project aims to help students who have difficulty in understanding mathematics in grade I of SD Negeri Banjarsari, Bandarkedungmulyo, Jombang in the 2024-2025 school year. A research and development (R&D) research design was used in this study. Based on the post-test results, the data showed that the classical completion rate of 81.6% indicated the achievement of classical completion. Open-ended questionnaires, interviews, and observations were used in the data collection process. The research and development of grade I elementary school number comparison materials for comparison boards in arithmetic learning resulted in findings that; (1) The development stage obtained results in the form of a comparison board math learning media that has been considered valid and practical through validity tests and practicality tests. The evaluation stage obtained results in the form of media evaluation or improvement at each stage. The analysis stage is carried out to determine the needs and tools for understanding the material in the form of comparison board media. The design stage obtained a math learning media design so that an attractive comparison board math learning media could be developed; and (2) With a validity level of 88%, the comparison board learning media is considered feasible. In the practicality test, the comparison board math learning media obtained a score of 85.14% which indicated that the comparison board math learning media was very practical.


Keywords


Development; Comparison board; Comprehension difficulties; Elimination; Learning media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Destrinelli, D. H. (2018). Pengembangan Media Konkrit Pada Pembelajaran tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 313-333.

hadi, M. &. (2017). Pemanfaatan Madia Papan Perbandingan dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Kesulitan Pemahaman Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Matematika dan pendidikan Matematika, 78-91.

Isti Qomariyah, U. M. (2021). pengembangan Media Cogan (Congkllak bilangan) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada materi KPK dan FPB . Jurnal Kependidikan Dasar.

Maulana, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Platform. Journal Innovation in Education (INOVED), 197-207.

Nurmaini, I. &. (2020). media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jurnal Varidika, 62-71.

Ponza, P. J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pebgembangan SIswa Kelas IV di Sekolah dasar. jurnal Edutech, 9-19.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sundari, Y. (2018). Pengaruh Alat Peraga Congklak Pada Mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar Siswa Sekolah dasar di Desa kembang ayu kabupaten lahat.

Suryana, A. &. (2020). Pengembangan Media Papan Perbandingan sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran matematika untuk Siswa kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 30-45.

Tsanidya, D. (. (2023). Pengemabngan Media Magic Box Materi perubahan Wujud Benda dan Sifatnya kelas V Sdn 3 Kunduran Blora. Universitas Negeri Semarang. Journal Innovation in Education (INOVED), 113.

Yudhi, M. (2023). Media Pembelajaran sebuah pendekatan Baru. Journal Innovation in Education, 113.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novasari, Ahmad Sudi Pratikno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: