Implementasi Media Animasi 3D dalam Pembelajaran Sistem Tata Surya untuk Kelas VI SD
Abstract
Abstrak: Kurangnya penggunaan media berbasis teknologi materi sistem tata surya, mengakibatkan rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Metode dalam penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development), dengan model ADDIE, yaitu Analisis, Desain, pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik penggumpulan data dengan observasi, wawancara dan tes. Teknik observasi dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung, teknik wawancara dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada guru kelas, dan teknik tes dilakukan dengan memberikan soal evaluasi.. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli materi dan media, lembar angket respon siswa dan guru, dan soal tes siswa.. Hasil penelitian uji kevalidan media 88% dan validasi materi 90%. Hasil uji kepraktisan guru 92% dan 93,5% kepraktisan siswa. Hasil uji keefektivan 87,5 % uji coba terbatas dan 80% uji coba luas .maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi 3D layak digunakan sebagai media pembelajaran materi sistem tata surya kelas VI.
Abstract: The lack of use of technology-based media regarding solar system material, results in low student involvement and understanding. The aim of this research is to determine the validity, practicality and effectiveness of the media. The method in this research uses R&D (Research and Development), with the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Data collection techniques using observation, interviews and tests. The observation technique is carried out directly in the field, the interview technique is carried out by asking questions to the class teacher, and the test technique is carried out by giving evaluation questions. The instruments used were material and media expert validation questionnaires, student and teacher response questionnaires, and student test questions. The results of the media validity test were 88% and material validation was 90%. The results of the teacher's practicality test were 92% and the students' practicality was 93.5%. The effectiveness test results were 87.5% limited trials and 80% extensive trials. So it can be concluded that 3D animation learning media is suitable for use as a learning media for class VI solar system material.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Cahaya, T. (2021). Mengenal Tata Surya (Triyani (ed.)). PT PERCA.
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854
Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran (1st ed.). Penerbit Bintang Sutabaya. https://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2021-07-27_Buku monograf: Media_andi k.pdf
Kustandi, C., & Darmawan, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed., p. 6). Kencana (Divisi Prenadamedia Group).
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran (R. Awahita (ed.); 1st ed.). CV Jejak, anggota IKAPI.
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “ORMAS” (Organ Tubuh Manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Novi Awalya Putri, Kukuh Andri Aka, Khoiriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: