Faktor Determinan Proses Pembelajaran IPA Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Abstrak: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah mata pelajaran penting dalam kurikulum pendidikan karena memberikan pengetahuan dasar tentang alam dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengevaluasi program pembelajaran IPA menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi alami tanpa mengubah keadaan sedikit pun. Peneliti menggunakan desain penelitian dengan pendekatan CIPP (Context, Input, Proses, Product). Penelitian ini khusus menganalisis aspek proses pembelajaran IPA anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Makassar. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa pendekatan pembelajaran yang inklusif dan berbasis pengalaman sangat efektif dalam mendukung pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, kurangnya keterampilan guru dalam memberlajarkan IPA menjadi kendala utama dalam evaluasi pada aspek proses ini. Oleh karena itu, perbaikan proses pembelajaran IPA di SLB perlu didukung oleh kebijakan yang tepat, termasuk perhatian khusus dari pemerintah dalam mempersiapkan guru yang memahami pendidikan inklusif, yang seharusnya menjadi bagian dari kurikulum semua program pendidikan keguruan di perguruan tinggi, tidak terbatas pada pendidikan luar biasa.
Abstract: Natural Science is an important subject in the educational curriculum because it provides fundamental knowledge about nature and the surrounding environment. This study aims to identify and analyze the factors influencing the Natural Science learning process for children with special needs. The research evaluates the Natural Science learning program using a qualitative approach with natural observation methods without altering the existing conditions. The researcher employs a research design with the CIPP (Context, Input, Process, Product) approach. This study specifically analyzes the process aspect of Natural Science learning for children with special needs at SLB Negeri 1 Makassar. The results indicate that an inclusive and experience-based learning approach is highly effective in supporting the education of children with special needs; however, the lack of teacher skills in teaching Natural Science is a major obstacle in the evaluation of this process aspect. Therefore, improvements in the Natural Science learning process in SLB need to be supported by appropriate policies, including special attention from the government in preparing teachers who understand inclusive education, which should be part of the curriculum for all teacher education programs in universities, not limited to special education programs.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Akhmad, N. A. (2019). Proses Pembelajaran Ipa Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Barru. Karst: Jurnla Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 60–63.
Akhmad, N. A. (2020). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Di Prodi Biologi Stkip Pi Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 62–65. https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.781
Akhmad, N. A. (2022). Pelatihan Praktikum Ipa Berbahan Lingkungan Sekitar Pada Guru IPA SMP Kabupaten Maros Oleh. 1(11), 9–25. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1889/1347
Akhmad, N. A., & Karim, S. (2019a). The Application of Accelerated Learning Method Assisted by a Media Playing Card to Improve Learning Outcomes and Interesting Learning in Science Students of SMP Negeri 1 Barru. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(3), 277–290. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i3.2334
Akhmad, N. A., Mania, S., Marjuni, M., & Rasyid, M. N. A. (2023). Study Analysis: Learning Pattern of Blind Children Using Aid Applications for Science Learning. International Journal of Multidisciplinary Approach Research and Science, 2(01). https://doi.org/10.59653/ijmars.v2i01.431
Akhmad, N. A., Riskawati, Hamsyah, E. F., Gustina, Syarif, S. H., & Samsi, A. N. (2023). Edukasi Computational Thinking Dalam Proses Pembelajaran. Bajang Jurnal, 2(8), 5867–5874.
Akhmad, N. A., Syarif, St. H., & Basri, S. (2022). Perspektif Pendidikan Multikultural Ditinjau Dari Pembelajaran IPA Terpadu. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 198. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.9619
Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2015). Paud Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Jurnal Dian Mas, 4(2), 83–90.
Baniaturrohmah, F., Abdullah, A., Mayangkoro, A. S., Djaka, C. T., & Husna, D. (2023). Evaluasi atau Penilaian Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu). MASALIQ, 3(1). https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i1.836
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Dermawan, O. (2018a). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Dermawan, O. (2018b). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Effendi, T., Suyudi, I., & Ali, A. J. a. K. N. (2021). EFL Vision Impaired Teacher’s Classroom Management in the Ryes of His Sighted Teenaged Students. TESOL International Journal, 16(1).
Hidayat, A. L. (2021). Peran Komunikasi Keluarga dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita di Yayasan Rumah Bersama. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 110–121. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1010
Mardiana, & Khori, A. (2016). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1).
Permatasari, D. (2022a). Learning Assistance For Blind Students to Improve Mathematical Ability. The Spirit Of Society Journal, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.29138/scj.v6i1.1881
Permatasari, D. (2022b). Learning Assistance For Blind Students to Improve Mathematical Ability. The Spirit Of Society Journal, 6(1). https://doi.org/10.29138/scj.v6i1.1881
Prasertpong, P., Charmondusit, K., Taecharungroj, V., Rawang, W., Suwan, S., & Woraphong, S. (2023). Factors influencing science and environmental education learning of blind students: A case of primary school for the blind in Thailand. International Journal of Education and Practice, 11(2). https://doi.org/10.18488/61.v11i2.3338
Ramadhana, R. N. (2020a). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat, 1–10. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/n8rxu
Ramadhana, R. N. (2020b). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat.
Suryadi, Y., & Ndona, Y. (2023). Analisa efektifitas kurikulum merdeka terhadap murid disabilitas autisme ditinjau dari persektif Tenaga Kependidikan. Jesya, 6(1), 460–466. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.947
Tarigan, H. (2022). The Influence of Related Games on Improvement Teambuilding in Children with Disabilities in State SLB Sidomulyo South Lampung. International Journal of Social Science and Human Research, 05(03), 1174–1179. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i3-60
Totsika, V., Toogood, S., Hastings, R. P., & Lewis, S. (2008). Persistence of challenging behaviours in adults with intellectual disability over a period of 11 years. Journal of Intellectual Disability Research, 52(5), 446–457. https://doi.org/10.1111/j.1365-2788.2008.01046.x
Wibisana, N. S., Mahardika, A., & Geriputri, N. N. (2022). Gambaran Kualitas Hidup Anak Dengan Disabilitas Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Yayasan Pendidikan Tunanetra Mataram. Lombok Medical Journal, 1(1), 40–42. https://doi.org/10.29303/lmj.v1i1.550
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.26293
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Amaliah Akhmad, Andi Marjuni, Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: