MENINGKATKAN KEMAMPUAN DEMONSTRASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Fatimatul Hifsun

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas SDN Pangongseyan III Torjun Kab. Sampang jawa Timur mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa lisan dalam bahasa Indonesia. Alternatif tindakan yang dapat dilakukan adalah model pembelajaran bermain peran dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan desain penelitian tindakan kelas. Pengamatan melalui teknik observasi langsung. Pengamatan guru menggunakan format APKG, dan observasi siswa dilakukan melalui kemampuan mendemonstrasikan peristiwa. Peningkatan pada indikator I: meningkat dari skor 3,59 menjadi skor 4,28, dan akhirnya mencapai skor 4,41 pada siklus III. Skor rata-rata tiap periode, dari 3,35 pada periode pertama menjadi 4,32 pada periode terakhir. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas adalah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelenggarakan kegiatan.

Abstract: The purpose of this classroom action research was that grade SDN Pangongseyan III Torjun Kab. Sampang jawa Timur experienced difficulties in learning spoken language in Indonesian. An alternative action that can be done is a role play learning model using qualitative descriptive methods and classroom action research designs. Observation through direct observation techniques. Teacher observations use the APKG format, and student observations are made through the ability to demonstrate events. The increase in indicator I: increased from a score of 3.59 to a score of 4.28, and finally reached a score of 4.41 in cycle III. The average score for each period, from 3.35 in the first period to 4.32 in the last period. The conclusion of the classroom action research is that it has succeeded in increasing the students' ability to organize activities.

Keywords


Role Playing; Kemampuan Demonstrasi.

Full Text:

Download [PDF]

References


Agustin, H. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Bahasa Inggris Narrative Text Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan, 9(1), 43. https://doi.org/10.31258/jp.9.1.43-50

Agustina, C. T. (2015). Peningkatan Kemampuan Membawakan Model Pembelajaran Bermain Peran Kelas Viii A Smp Negeri 2 Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Universitas Tanjungpura, 1–13.

Budiana, I. W. (2013). Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Dalam Pembelajaran Berbicara Siswa Kelas Viii.3 Smp Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013.

Cahayani, N. (2005). Penggunaan Media Pembelajaran Video Youtube Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi Siswa Di Kelas Viiie Smp Negeri 1 Padang. NASPA Journal, 42(4), 1. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Eva Sivana Dewi. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Debat Siswa Kelas X Ma Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari. In Universitas Mataram Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Dan Daerah 2017 (Vol. 6).

Gesarina, A. (2019). Peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan metode investigasi kelompok pada siswa SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 453–460.

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270

Helza, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Mi Miftahul Falah Bekasi. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Imran. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di Sma Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna Tahun 2014. Jurnal Gema Pendidikan, 25, 1–10.

Ismiatun, E. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Kelas Vii D Smp N 2 Pandak Bantul.

Khoirun Ni’mah. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Iis 3man Kediri 2 Kota Kediri.

Kurniasih, S. (2015). Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Pada Siswa Kelas Va Sd Negeri 2 Klaten. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta Email:, 1(1), 1–3.

Mustafa, L. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Show And Tell Pada Siswa Kelompok B Di Taman Kanak- Kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo (Vol. 2).

Pohan, N. (2017). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 132–139.

Pukjiwati, P. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas Iv Sdn Sumur 03. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1217

Ramadhan, E. (2019). Pembinaan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sd An-Nisaa ’ Tangerang Selatan 2019 M / 1440 H Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sari, I. A. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Va Mi Al Iman Gunungpati Kota Semarang.

Sari, N. P. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Pada Siswa Kelas Viib Smp N 2 Kasihan. (2).

Tarmizi. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Teknik Pemodelan di Kelas VIIID SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.

Ujarwanto, P. (2017). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama islam.

Wijayanti, R. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas V Sdn Pabelan 01 Kartasura Sukoharjo Tahun 2012/ 2013. In Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Al-Ulum, 13(1), 1–24.

Yusuf, Y., & Ulumul, J. (1992). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Swasta Xaverius Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/2016.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: