EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERINTEGRASI KARAKTER PADA KELAS III SD TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI SD MUHAMMADIYAH BAYAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan Penilaian Autentik Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter pada Kelas III SD Tema 6 Energi dan Perubahannya di SD Muhammadiyah Bayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest group. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data antara lain: uji prasyarat, analisis karakter, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis keterampilan generik sains, uji hipotesis, uji keefektifan Indikator keefektifan yaitu keefektifan proses, waktu, dan hasil. Keefektifan proses berkategori sangat baik dengan rata-rata 97% kelas eksperimen dan 92 % kelas kontrol. Keefektifan waktu berkategori sangat baik. Keefektifan hasil n-gain kelas eksperimen keterampilan generik sains berkategori tinggi dengan skor 0,73 dan karakter berkategori tinggi dengan skor 0,76. Kelas kontrol keterampilan generik sains berkategori rendah dengan skor 0,10 dan karakter berkategori sedang dengan skor 0,49.
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of learning using Authentic Assessment Based on Generic Skills of Integrated Science Character in Grade III Elementary School Theme 6 Energy and Its Changes at SD Muhammadiyah Bayan. The type of research used is quantitative research using quasi-experimental methods. The research design consisted of two classes, namely the experimental class and the control class. The design used in this study was a pretest and posttest group. Data collection techniques using the methods of observation, interviews, tests, and documentation. Data analysis techniques include: prerequisite test, character analysis, learning implementation analysis, science generic skills analysis, hypothesis testing, effectiveness test. Effectiveness indicators are the effectiveness of the process, time, and results. The effectiveness of the process is categorized as very good with an average of 97% of the experimental class and 92% of the control class. The time effectiveness is categorized as very good. The effectiveness of the n-gain results of the experimental class science generic skills was in the high category with a score of 0.73 and the character in the high category with a score of 0.76. The control class for science generic skills was in the low category with a score of 0.10 and the character in the medium category with a score of 0.49.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani, Y. (2013). Penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum, 742–749.
Annisa, N. H., & Sudarmin. (2016). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1692–1701.
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 35–50.
Hadikusuma, Z. (2015). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Tematik, 5(01).
Nasution, N. B. (2011). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kejujuran Mahasiswa Bk Reguler B Fip Unimed Pada Waktu Ujian.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.
Rusdiana, H., Sumardi, K., & Arifiyanto, E. S. (2014). Evaluasi hasil belajar menggunakan penilaian autentik pada mata pelajaran kelistrikan sistem refrigerasi. Journal Of Mechanical EngineeringEducation, 2.
Safitri, D., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2020). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas III SD. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 220–228.
Sari, E. N., & Ngazizah, N. (2019). Keterkaitan Antara Keterampilan Generik Sains Dengan Karakteristik Siswa Di SD. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1, 87–94.
Wahyuningsih, Y., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2018). Menguatkan Kemampuan HOTS dengan Literasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 671–681.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.9170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: