Pembelajaran Diferensiasi Dalam PJOK : Literatur Review

Chairun Nisa Nisa, Andrimaulana Andri Maulana, AdeAgyl Ade Agyl

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individual siswa dengan cara yang memadai. Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa yang berbeda. pendekatan ini, guru dapat meneyesuaikan metode pengajaran ,materi,dan evaluasi sesuai dengan kemapuan ,minat,dan gaya belajar siwa. Studi literatur riview mengenai topik ini akan memberikan wawasan mendalam tentang strategi ,manfaat,dan implementasi dalam konteks pendidikan jasmani. Ini penting untuk menciptakan ;lingkungan belajar inklusif dan efektif bagi semua siswa. Adapun beberapa contoh masalahnya meliputi;kurangnya materi diferensiasi,kesulitan menyesuaikan inklusif,dan manajemen kelas.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini studi literatur review yang Dimana studi literatur review ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai artikel jurnal,buku,dan sumber informasi terkait kemampuan,minat,dan gaya belajar siswa. Hasil penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana diferensiasi hasil pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa.kemampuan,minat,dan gaya belajar siswa. Hasil penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana diferensiasi hasil pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran pjok dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


diferensiasi, pembelajaran, pjok

Full Text:

PDF

References


Fitri, A. A., & Nani Solihati. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Proses Melalui Gaya Belajar Siswa Pada Materi Menulis Laporan Hasil Observasi. Semantik, 12(2), 221–232. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i2.p221-23

Hermawan, C. M., Rosfiani, O., Rohadatul, N., & Shabri, A. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) Pola Perencanaan Pembelajaran SD / MI Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi Berbasis Minat Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(06), 161–173.

Ibnu Sholeh, M. (2020). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 192–222.

Lestari, R. H., Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Fitriawati, M. (2020). Perancangan Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Sistem Informasi Berbasis Website. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1396–1408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.770

Lucky Taufik Sutrisno, Tatang Muhtar, Y. T. H. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan Lucky. 7.

Mufaridah, F., Yono, T., Aziza, S. N., Studi, P., Bahasa, P., Jember, U. M., Studi, P., Olahraga, P., & Jember, U. M. (2024). Penguatan Literasi Digital Guru Untuk Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. 5(2), 1761–1767.

Nova, A. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Evaluasi Proses Menggunakan Audio Visual Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 75–84.

P Rintayati1, Riyadi1*, S B Kurniawan1, and S. K. 1. (2019). Peningkatan pemahaman dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui metode pelatihan dan pendampingan pada guru sekolah dasar.

Peduk, R. (2016). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pratiwi, I. R., & Pd, S. (2011). Implementasi Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Ika. November 1989.

Rani, P., Chakraborty, M. K., Sah, R. P. R. P. R. P., Subhashi, A., Disna, R., UIP, P., Chaudhary, D. P., Kumar, A. A. A. A. A., Kumar, R. R.

Serunai, J., Pendidikan, I., Syaputra, D. S., & Saputri, L. (n.d.). Analisis hasil belajar peserta didik berdasarkan gaya belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi di mts negeri binjai 1. 9(2).

Solekah1, Arri Handayani2, D. R. (2023). MENINGKATKAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. 09, 4070–4079.

Usman, K., Aditya, R., & Helmi, B. (2019). Pengembangan Peralatan Modifikasi Atletik Pada Pembelajaran PJOK tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna Medan, 7(1), 1–7.

Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma, I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80

Yunita, E., Rachmawati, F., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 6, 7499–7505.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.