Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Sekolah Dasar : Tinjauan Literature Review

Afi Choirina Muqtafia, Afrina Indah Kurniawati, Fara Maulina Amanda, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe the difficulty of learning mathematics in elementary school students. The research method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). Data collection is done by reviewing related articles. The data in this study were in the form of articles totaling 20 articles. Search data obtained from google schoolar. Stages of analysis of this research include learning difficulties in mathematics, how to overcome learning difficulties, factors that affect learning difficulties, and learning mathematics. Based on the results of the study, it shows that the learning difficulties experienced by students include difficulties in understanding concepts and difficulties in solving problems in story problems. Difficulties in learning mathematics can be a determining factor in learning outcomes. The factors that influence the difficulty of learning mathematics from internal factors and external factors. Mathematics materials that students find difficult include multiplication, division, fractions, percent, KPK and FPB. The role of teachers and parents is very important in minimizing difficulties in learning Mathematics.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar mata pelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah artikel yang berhubungan. Data dalam penelitian ini berupa artikel yang berjumlah 20 artikel. Pencarian data diperoleh dari google schoolar. Tahapan analisis penelitian ini meliputi kesulitan belajar matematika, cara mengatasi kesulitan belajar, faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi kesulitan memahami konsep dan kesulitan memecahkan masalah pada soal cerita. Kesulitan belajar matematika dapat menjadikan faktor penentu dalam hasil belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika dari faktor internal dan faktor eksternal. Materi Matematika yang dirasa sulit oleh siswa diantaranya perkalian, pembagian, pecahan, persen, KPK dan FPB. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam meminimalkan kesulitan belajar Matematika.


Keywords


Difficulty learning, How to overcome them, Causative factor,

Full Text:

PDF

References


Anindya, S., Sunarsih, D., & Wahid, F. S. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Diskaskula. 3(02), 123–132.

Mufidah, A., & Setyawan A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. 2. 20, 23–28.

Dores, O. J., Lina, A. H., & Matematika, P. P. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa SDN Nanga Kantuk. 158–167.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. 11(1), 27–35.

Arifuddin, I. (2020). Perencanaan Remedial Teaching Pada Muatan Pembelajaran Matematika Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Klas IV SD Di Kecamatan Jatinom.

Mardongan, K., Fitria, D., Julianda, R., Sugiarti, E., & Sari, A. (2021). Analisis Kesukaran Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran Ilmu Ukir Pada Kelas VI SDIT Inayah Ujung Watu. 1(2), 177–183.

Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. 7(2), 268–278.

Mabruroh, U., Sunarsih, D., & Mumpuni, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur ’ an Darul Abror. 2(01), 58–68.

Novitasari, A., & Fathoni, A. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 6(4), 5969–5975.

Pahlawan, U., Tambusai, T., Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 394–406.

Mukminah., Hirlan., & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. 1(1), 1–14.

Rezeki, Y. D., & Muanifah, M. T. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Masa Pandemi covid19 Siswa Kelas IV SDN 2 Bumirejo.

Sari, D. P., Sulastri, D., Calam, A., Nur, F., Siregar, R., & Utara, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Memahami Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Al-Washliyah 15. 2(1), 13–18.

Magdalena, I., Shafani1, H, T., Ramadhani, T. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Di SDN Bulak III Tangerang Selatan. Jurnal Halaqah. 3(3), 75–83.

Sutarti, N. P. S. E., & Wibawa, I. M. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. 2(4), 295–305.

Unaenah, E., Ardelia, E., Anggestin, T., Ulfi, N., Khoiriyah, S., Awaliah, S., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran panjang di kelas iv. 2(April), 83–93.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD – Fadila Nawang Utami. 2(1), 93–101.

Ernawati, D. (2016). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III di SD Negeri Suryodiningratan I Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. 8-17.

Murzani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 9 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. 3-15.

Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y, A., Syahrial., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. 11-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.