Metode At-Tanwir Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram

Aulia Sarah Nasarudin, M. Anugrah Arifin

Abstract


Abstrak

Membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar bisa membacanya, namun juga harus memperhatikan makhorijul huruf dan panjang pendek bacaan Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Mataram memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di lingkungan kampus melalui metode At-Tanwir. Usaha pembinaan Al-Qur’an ini didasari oleh kebutuhan Universitas Muhammadiyah Mataram akan pengembangan kemampuan tahsin bagi civitas akademika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan sistem pembelajaran metode At-Tanwir dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada mahasiswa universitas Muhammadiyah Mataram. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research. Sumber data dalam penelitian ini terbagi atas dua yakni sumber data primer, diperoleh dari buku panduan baca tulis Al-Qur’an At-Tanwir dan data sekunder, diperoleh dari berbagai artikel jurnal terkait pembelajaran Al-Qur’an. Metode At-Tanwir termasuk ke dalam jenjang menengah karena mencakup pengenalan huruf hijaiyyah, teori kaidah tajwid, dan dilengkapi latihan menulis Al-Qur'an. Metode At-Tanwir mendorong interaksi aktif mahasiswa dalam pembelajaran, memperkuat pemahaman dan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur'an lewat praktik dan latihan soal. Dengan pengajaran yang sistematis, metode ini efektif untuk meningkatkan kemampuan baca tulis  Al-Qur'an bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram.

Kata kunci : Metode; Membaca; Al-Qur’an.

Abstract

Reading the Quran involves not just reciting it, but also observing the pronunciation of the letters and the proper length of recitations according to the rules of tajwid. Therefore, Universitas Muhammadiyah Mataram places great emphasis on fostering Quranic literacy on campus through the At-Tanwir method. This effort is based on the university's need to develop tahsin abilities among its academic community. The study aims to understand the characteristics and learning system of the At-Tanwir method in enhancing Quranic literacy among students at Universitas Muhammadiyah Mataram. The author uses the library research method. The data sources are divided into primary data from the At-Tanwir Quranic reading and writing guidebook and secondary data from various journal articles on Quranic learning. The At-Tanwir method is at an intermediate level as it includes the introduction of hijaiyyah letters, tajwid rules, and writing practice. The method encourages active student interaction in learning, strengthening their understanding and skills in reading and writing the Quran through practice and exercises. With systematic teaching, this method effectively improves Quranic literacy among students at Universitas Muhammadiyah Mataram.

Keywords: Method; Reading; Al-Qur’an.


Full Text:

PDF

References


Al-Marsafi, A. F. (n.d.). Hidāyah al-Qārī ilā Tajwīd Kalām al-Bārī (Cet. ke-2). Maktabah At-Tayyibah.

Arifin, M. Anugrah. (2024, Maret 21). Wawancara Pribadi

Arifin, M. Anugrah, M. Saprun, dan Dewi Urifah. Buku Panduan Baca Tulis Al-Qur’an At-Tanwir. Mataram: LP3IK UMMAT (Lembaga Pengkajian Pengembangan Pengalaman Al-Islam & Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Mataram, 2024.

Effendi, S. (2021). Sejarah dan Perkembangan Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Indonesia. Disertasi. Program Doktoral Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ).

Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. JURNAL PENELITIAN, Vol. 15, No. 1.

Fauzan M, A. (2023). Efektivitas Metode Atqa Terhadap Pembelajaran Tadabbur Qur’an di Pesantren Qur’an Ar-Rahman, Megamendung Bogor. Tesis. Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Febriyanti, M., Hindun, & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal, Vol.5, No.1.

Hasanah dkk, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan Sefta Dwi Setia, Isti Fatonah, Much Deiniatur. Jurnal IAIN Bone.

Hidayat, M. N. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI IAIN Jember.

Karlina, E., & Rasam, F. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Team Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi di Unindra. Research and Development Journal Of Education, Vol. 6 No. 2.

Muhammad, D. H. (2018). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati. Journal of Islamic Education (JIE), Vol. III No. 2.

Ningrum, A. P. (2020). Mengenal Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal UINSU.

Nur Cahyo, M. F. (2017). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode At-Tibyan Kelas II B di SDIT Taruna Al-Qur’an Ngaglik Sleman Yogyakarta [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29169/

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Toha dkk, A. A. (2024). Peran Penyuluhan Agama Dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Quran Bagi Remaja. Journal Of Social Science Research, Vol. 4 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.