PEMERIKSAAN STABILITAS STRUKTUR PERKERASAN JALAN AKIBAT GEMPA LOMBOK PADA RUAS JALAN RAYA TANJUNG GUNUNG SARI

Anand Raka Yuda Firdaus, Isfanari Isfanari, Yulia Putra Wijaya Putra Wijaya

Abstract


Gempa bumi yang terjadi di Lombok beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan pada beberapa ruas jalan di Pulau Lombok, salah satunya pada ruas jalan raya Tanjung-Gunung Sari yang mengalami retak rambut dibeberapa bagian. Meskipun dengan kondisi jalan yang retak rambut dan masih dalam tahap pemulihan pasca gempa akan tetapi para pengguna jalan tetap menggunakan jalan tersebut. Oleh karena itu pemeriksaan stabilitas struktur perkerasan jalan akibat gempa sangat penting dilakukan untuk mengetahui kelayakan jalan yang sudah terkena dampak gempa bumi pada ruas Jalan Raya Tanjung Gunung Sari, Lombok barat. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan mesin core drill untuk mengambil benda uji dan pengujiannya menggunakan metode Marshall. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa nilai stabilitas uji Marshall pada aspal yang telah terkena dampak gempa Lombok pada Jalan Raya Tanjung-Gunung Sari pada titik 1=3115,41 kg, pada titik 2=1108,65 kg dan pada titik 3=1707,24 kg, jadi kondisi ruas jalan pada Jalan Raya Tanjung-Gunung Sari masih layak digunakan karna nilai stabilitas melebihi 800 kg sesuai dengan standar karakteristik Marshall pada spesifikasi umum Bina Marga 2010.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Litbang Jalan dan Jembatan. “Modul – 03C Pengambilan Contoh dan Pengujian Campuran Aspal dan Agregat Untuk Campuran Beraspal”.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2010. “Spesifikasi Umum Revisi 3”. Kementrian Pekerjaan Umum.

Henny, F dan Wahyudi, M. 2010. “Perencanaan Campuran Aspal Beton dengan Menggunakan Filler Kapur Padam”. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Pardosi, Rinto. 2010. “Studi Pengaruh Beban Belebih (Overload) Terhadap Pengurangan Umur Rencana Perkerasan Jalan”. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Sukirman, Silvia. 1995. “Perkerasan Lentur Jalan Raya”. Bandung: NOVA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________

Skala

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jalan KHA. Dahlan No.1 Pagesangan, Mataram, NTB 83125
Website:http://journal.ummat.ac.id/index.php/skala
Email: [email protected]
Contact: +6282359429115

 

lSSN (Cetak): 1693-959X
lSSN (Online) : 2775-7773