STRATEGI PENGENDALIAN BANJIR DI KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Andri Yazid, Islamy Rusyda, Agustini Ernawati

Abstract


Pulau Lombok merupakan wilayah bercurah hujan cukup tinggi. Pada tanggal 18 November 2017, telah terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dan menyebabkan beberapa wilayah di Lombok Timur mengalami banjir yang cukup parah, salah satunya di daerah Keruak, Lombok Timur. Hal ini disebabkan oleh kapasitas tampang sungai tidak lagi bisa menampung air hujan sehingga meluap. Maka dari itu diperlukan strategi pengendalian banjir yang tepat untuk mengatasi banjir di wilayah Keruak, salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan metode Analitycal hierarchy process (AHP). Analytic hierarchy process (AHP) adalah salah satu metode khusus dari multi criteria decision making (MCDM) yang berguna sebagai alat dalam analisis pengambilan keputusan dan telah banyak digunakan dengan baik dalam berbagai bidang. metode AHP memecah-mecah suatu situasi yang kompleks dan tak terstruktur ke dalam bagian-bagian komponennya. Kemudian menata bagian atau variabel ini dalam suatu susunan hirarki dan memberi nilai numerik pada pertimbangan subjektif tentang relatif pentingnya setiap variabel. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyebab utama terjadinya banjir dan skala prioritas pengendalian banjir yang dapat diterapkan di Keruak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya banjir di wilayah Keruak Kabupaten Lombok Timur, yaitu tingginya curah hujan (TCH) dengan nilai normalisasi matriks 5.10, dan strategi pengendalian banjir yaitu peningkaan peran masyarakat (PPM) dengan nilai normalisasi matriks 79.44.


Full Text:

PDF

References


Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (2007), Pedoman Penanggulangan Bencana Banjir, Pelaksana Harian Bakornas PB, Yogyakarta.

Saaty, T.L., 1998, Decision Making for Leader, The Analytical Hierarchy Process for Decisionsin Complex World, RWSPublikations 4922 Ellsworth Avenue Pittsburgh, USA.

Standards Australia/Standards New Zealand Committee OB-007, Risk Managment as a revision of AS/NZS 4360:1999, Risk Management.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________

Skala

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jalan KHA. Dahlan No.1 Pagesangan, Mataram, NTB 83125
Website:http://journal.ummat.ac.id/index.php/skala
Email: [email protected]
Contact: +6282359429115

 

lSSN (Cetak): 1693-959X
lSSN (Online) : 2775-7773