Pelatihan Peningkatan Digital Skill Bagi Pelaku Usaha Mikro dalam Mengembangkan Bisnis di Era 4.0

Mas'ad Mas'ad, Siti sanisah

Abstract


Perkembangan teknologi digital yang pesat di era 4.0 dewasa ini telah mengubah lanskap bisnis, termasuk usaha mikro. Pengabdian kepada msyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan digital skill pelaku usaha mikro di Perumahan Impian Sejahtera, dengan melibatkan pelaku usaha kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan platform digital Facebook. Materi pelatihan mencakup penggunaan media sosial untuk pemasaran, strategi konten digital, manajemen bisnis berbasis teknologi, dan keamanan transaksi online. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta tentang teknologi digital hingga mencapai 85%; 75% peserta berhasil menerapkan strategi pemasaran digital; rerata engagement pelanggan naik 40%; dan adanya peningkatan penjualan hingga 60%. Untuk memaksimalkan pengembangan bisnis di era 4.0 maka sangat penting bagi pelaku bisnis untuk terus meningkatkan digial skill-nya melalui berbagai kegiatan

Full Text:

DOWNLOAD[PDF]

References


Afriansyah. (2023). Pengertian dan Konsep Pemberdayaan Masyarakat. In Pemberdayaan Masyarakat.

Andrika, & Suroso, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemasaran Digital : Pendekatan Praktis dan Strategis di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pengamas), 1(1), 68–80. https://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/view/249%0Ahttps://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/download/249/232

Anggraeni, R., & Elan Maulani, I. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Jurnal Sosial Teknologi, 3(2), 94–98. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i2.635

Arianto, B. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Astono, A. D., Indriani, S., Parlindungan, D. R., Hutapea, M. S., Gunawan, V. L., & Ardianto, M. B. (2023). Model efektivitas tata kelola melalui skema stakeholder dynamics desa agrowisata nglinggo. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 330–348. https://doi.org/10.31937/manajemen.v15i2.3418

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2023). Ekosistem Bisnis Dan Transformasi Digital. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019

Handayani, W. (2021). Ketahanan Iklim Perkotaan. In Yayasan Inisiatif Perubahan Iklim dan Lingkungan Perkotaan (Issue April).

Hermawanto, A., & Anggrani, M. (2020). Globalisasi, Revolusi Digital Dan Lokalitas : Dinamika Internasional Dan Domestik Di Era Borderless World. In LPPM UPN VY Press.

Kusuma, M., & Fahamsyah, M. H. (2023). Strategi pemasaran digital dalam pengembangan usaha umkm ayam petelur di bojonegoro. Jurnal Investasi, 9(4), 237–248. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i4.299

Minat, D., Quick, M., Usaha, P., Kecil, M., Menengah, D. A. N., Padangsidimpuan, D. I. K., Azhari, H., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2023). Determinan Minat Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padangsidimpuan Skripsi Diajukan sebagai Syarat Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi Dalam Bidang Ekonomi Syariah.

Naufal Baginda, A., Fauzi, A., Yulius Caesar, L. A., Widjaja, A., Putra, I., Atriliano, R. A., Larasati, S., & Utami, S. N. (2024). Analisis Strategi Keberlanjutan pada Perusahaan Unilever. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Jimt), 5(3), 208–217. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Ramadhani, I., Mohammad Noer, & Muhammad Ilyasa Mahardhika. (2023). Analisis Aplikasi Judi Online Dari Segi Keamanan, Privasi, Dan Etika Dalam Perspektif Hukum Negara Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 542–552. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.476

Ramli, T. S., Sukarsa, D. E., Zamil, Y. S., Muttaqin, Z., Putri, S. A., Cahyadini, A., Ramadayanti, E., Millaudy, R. A., & Hidayat, M. J. (2022). Pemanfaatan Teknologi Bagi Siswa Dalam Menyokong Peningkatan Ekonomi Digital dan Upaya Menghadapi Era Society 5 .0. Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 6, 81–98.

Raymond Marhehetua Hutahaean1, A. N. U. (2024). Analisis+Mengenai+Dampak+Revolusi+4.0+Terhadap+Regulasi+Perusahaan+Tantangan+Dan+Peluang+Dalam+Sektor+Hukum+Dan+Bisnis. 8, 1–15.

Rindiyana Syafitri, W. (2024). Efektivitas Dan Efesiensi Penarapan E-Commerce Dalam Daya Saing Usaha. An Nafi’: Multidisciplinary Science, 1(1), 2024. https://edujavare.com/index.php/rmi/index

Saski, N.H., & Tri, S. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Taradiva Adisty, & Rusdi Hidayat Nugroho. (2023). Strategi Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Pada Bisnis Bakery. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v2i1.1319

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Yuanitasari, D., Sardjono, A., & Susetyo, H. (2023). Tantangan regulasi halal untuk pelaku usaha mikro dan kecil: sebuah studi socio-legal di kupang nusa tenggara timur. acta diurnal jurnal ilmu hukum kenotariatan dan ke-ppat-an, 6(2). https://doi.org/10.23920/acta.v6i2.1474

Z. Adib, M. (2021). Peran Elemen-Elemen Inti Organisasi Dalam Melakukan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.