Penyuluhan Pendataan Produk Dan Desain Sosial Media Bagi UMKM Pada Pusaka Nusantara Kudus

Tri Listyorini, Endang Supriyati, Rizkysari Meimaharani

Abstract


Perkembangan UMKM sebelum masa pandemi COVID-19 sangat pesat sekali. Sejak April 2020 dimasa awal pandemi, banyak usaha-usaha kecil dari masyarakat kudus menjadi menurun. Tidak hanya pedagang kecil saja yang mengalami penurunan, tapi vendor-vendor dan pengusaha besar juga merasakan hal ini. Untuk mendukung hal tersebut, kami tim pengabdi ingin memberikan kontribusi dalam meningkatkan kembali UMKM dengan cara pelatihan pendaatan produk yang rapi serta promosi menggunakan media social. Hal ini didukung dengan aplikasi-aplikasi yang mudah sehingga tidak memperberat dari UMKM/ IKM di Kudus dan sekitarnya. Pelaku UMKM dapat menerapkan pengelolaan data produk agar terstruktur dalam usahanya. Hal ini membantu UMKM dalam mengelola produk dan penjualan. Pengabdian ini menerapkan metode pelatihan dan penerapan dalam mendesain produk serta memasarkan ke media social. Tujuan untuk mengembangkan usaha dari pelaku UMKM. Hasil dari pengabdian ini adalah pelaku UMKM dapat secara mandiri mengelola data produk, dan memasarkan produknya lebih luas dengan memanfaatkan media social dan internet.

Keywords


qasir, umkm, ikm, pendataan data

Full Text:

PDF

References


Suyanto, Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.

D. Sihombing, Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia, 2001.

I Gusti Ngurah Aditya Lesmana, “Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA),” Jakarta, 2012.

R. Y. Aramia Fahriyah, “Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal,” vol. 7, no. 2, pp. 104–110, 2020.

Ahmad Raihan Nuari, “Pentingnya Usaha Kecil Menengah (Ukm) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia,” 2017.

A. J. Ratih Kumala, “Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace),” vol. 7, no. 2, pp. 98–103, 2020.

I. Ramdani, “Analysis of The Cycling Trend During the Pandemic of COVID 19 Towards Small and Medium Enterprises ( UMKM ) Income,” vol. 4, no. 4, pp. 528–535, 2020.

H. Muksin, “Strategi Umkm Dalam Menghadapi Pasar Di Era Pandemi Covid-19 (Umkm Dalam Bidang Kuliner Di Seputaran Gomong Mataram),” Mataram, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Listyorini, Endang Supriyati, Rizkysari Meimaharani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: