Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar PKn pada Materi Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia Kelas VII MTs
Abstract
Media pembelajaran yang tersedia di media social sangat beragam namun pendidik belum mampu untuk memanfaatkan dalam pembelajaran, terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran menyebabkan menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar PKn pada materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia kelas VII MTs. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Sampel penelitian yang dilibatkan sebanyak 58 orang 29 kelompok eksperimen dan 29 kelompok control. Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic deskripsi dan uji-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media wordwall terhadap hasil belajar PKn pada materi materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia kelas VII MTs berpengaruh secara signifikan dengan nilai t-test lebih besar 0.156 dibandingkan nilai t-tabel < 0.005%. Dengan demikian disimpulkan bahwa tidak berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar PKn setelah perlakuan pembelajaran media wordwall pada materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia kelas VII MTs. Jadi hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima dengan hipotesisnya abhwa hasil belajar PKn sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran media wordwall pada materi keberagaman dalam masyarakat Indonesia kelas VII MTs berbeda signifikan.
The learning media available on social media are very diverse, but educators have yet to utilize them in learning. The limited facilities and infrastructure that support the learning process cause a decrease in student learning outcomes. The purpose of this article is to explain the effect of word wall learning media on Civics learning outcomes on diverse material in Indonesian society for class VII MTs. This research method is quantitative research with a quasi-experimental approach. The research sample was 58 people, including 29 experimental and 29 control groups. They are collecting data through observation, tests, and documentation. Data analysis using descriptive statistics and uji-t-tests. The results showed that the effect of word wall media on Civics learning outcomes on diversity material in Indonesian society class VII MTs has a significant impact, with the t-test value being 0.156 more remarkable than the t-table value <0.005%. Thus, it was concluded that there was no significant effect on Civics learning outcomes after the word wall media learning treatment on diverse material in Indonesian society in class VII MTs. So hypothesis H0 is rejected, and hypothesis H1 is accepted with the hypothesis that Civics learning outcomes before and after participating in word wall media learning on diverse material in Indonesian society in class VII MTs are significantly different.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,” Jakarta Kementeri. Pendidik. dan Kebud., 2016.
L. Lukiyah, “Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn (Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05,” J. PTK Dan Pendidik., vol. 3, no. 1, 2017.
A. Khresnaningtyas, “Konsep Pendidikan Karakter Prespektif KH Ahmad Dahlan,” E-Repository Univ. Islam Negeri Salatiga Fak. Tarb. dan Ilmu Kegur., 2016.
U. Budiyanto, “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul,” Univ. PGRI Yogyakarta, 2015.
I. M. A. Dinata, A. L. Lonto, and J. Rattu, “Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Dumoga,” J. PPKn Media Kaji. Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 2, pp. 87–96, 2021.
E. Kurniawati, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn,” Pedagog. J. Pendidik. dan pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021.
J. S. Bruner, Toward a theory of instruction. Harvard University Press, 1966.
K. Maghfiroh, “Penggunaan media Word Wall untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda,” J. Profesi Kegur., vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2018.
S. F. Nissa and N. Renoningtyas, “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2854–2860, 2021.
S. P. Permana and K. Kasriman, “Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 7831–7839, 2022.
P. M. Sari and H. N. Yarza, “Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 2, pp. 195–199, 2021.
F. M. Putri, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
N. M. Agusti and A. Aslam, “Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5794–5800, 2022.
T. G. Pradani, “Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Educenter J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 5, pp. 452–457, 2022.
A. N. Aeni, D. Djuanda, M. Maulana, R. Nursaadah, and S. B. P. Sopian, “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 11, no. 6, p. 1835, 2022.
E. Çil, “The effect of using Wordwall. net in increasing vocabulary knowledge of 5th Grade EFL students,” Lang. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2021.
S. Hasram, M. K. M. Nasir, M. Mohamad, M. Y. Daud, M. J. Abd Rahman, and W. M. R. W. Mohammad, “The effects of wordwall online games (Wow) on english language vocabulary learning among year 5 pupils,” Theory Pract. Lang. Stud., vol. 11, no. 9, pp. 1059–1066, 2021.
A. A. Fakhruddin, M. Firdaus, and L. Mauludiyah, “Wordwall application as a media to improve arabic vocabulary mastery of junior high school students,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 5, no. 2, p. 217, 2021.
M. Bueno, F. Perez, R. Valerio, and E. M. Q. Areola, “A usability study on Google Site and Wordwall. Net: Online instructional tools for learning basic integration amid pandemic,” J. Glob. Bus. Soc. Entrep., vol. 7, no. 23, pp. 61–71, 2022.
D. O. Nadia, “Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 8, no. 2, pp. 1924–1933, 2022.
A. S. Zuhri, “Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2023.
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: