Pendidikan Karakter dan Moral Untuk Peserta Didik Usia MI/SD

Muhammad Arif Al Fikri

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta membahas mengenai Pendidikan karakter dan juga moral untuk peserta didik usia MI/SD. Pendidikan karakter dan juga moral sangat penting diterapkan sejak mungkin pada lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Kajian pustaka suatu metode yang mempelajari pengetahuan secara jelas dengan menggunakan data yang relevan sebagai pendukung. Hasil studi kepustakaan menunjukkan bahwa Proses pembentukan karakter atau peserta didik bermoral pada jenjang pendidikan SD/MI harus disesuaikan dengan tahapan perkembangan yang terjadi pada usia SD/MI. Pelaksanaan Pendidikan karakter dan moral di SD/MI agar peserta didik dapat menjadi solusi atas masalah-masalah sosial di masyarakat, sekolah, keluarga, maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

Keywords


Pendidikan Karakter; Moral; Usia MI/SD

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Alfarisy, F., Fitriyani, F. A., Mutsaqqofa, F., & Kusumasari, N. T. (2021). Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Jepang dan Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1361. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5189

Ammar, E. K. (2020). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal Dikdas Bantara, 3(2), 238–249. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882

Ani, N. A. (2017). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Estellés, M., & Fischman, G. E. (2021). Who Needs Global Citizenship Education? A Review of the Literature on Teacher Education. Journal of Teacher Education, 72(2), 223–236. https://doi.org/10.1177/0022487120920254

Fikri, M. A. Al. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Edudikara : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 56. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/download/145/107

Fikri, M. A. Al. (2021). Peran Micro Teaching Terhadap Peningkatan Karakter Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 42–50.

Fikri, M. A. Al. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial, 4(2), 150–162.

Fitzgerald, J. C., Cohen, A. K., Maker Castro, E., & Pope, A. (2021). A Systematic Review of the Last Decade of Civic Education Research in the United States. Peabody Journal of Education, 96(3), 235–246. https://doi.org/10.1080/0161956X.2021.1942703

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Giwangsa, S. F. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 26–40. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v1i1.16

Harahap, A. (2018). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDIT DARUL HASAN PADANGSIDIMPUAN Oleh: Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21–38.

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.

Kusumawati, Y. (2020). Analisis Perkembangan Moral Anak SD/MI. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 194–208. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.569

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Munir, M., Sholehah, H., & Rusmayadi, M. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Pendidikan Sekolah Dasar. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 2(1), 31–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.285

Nurhidayah, D., Aisyah, E. S., & Nurjannah, J. (2020). PKn dalam Kurikulum 2013. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 10(1), 1–13.

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Rubini. (2019). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104

Rusmana, A. O. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Eduscience, 4(2), 74–80. https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.89




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i1.16929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: