Pengaruh Media Komik Online Terhadap Hasil Belajar PPKn Peserta Didik Kelas III UPT SPF SDN Minasa Upa

Mukhlisa Syarif, Abdul Azis, Rismawati Rismawati

Abstract


permasalahan dalam penelitian ini yaitu media yang digunakan guru masih terbatas dan mereka hanya menggunakan media gambar yang berada pada buku sumber pegangan peserta didik, hal ini terjadi karena guru belum dapat membuat media yang inovatif untuk memfasilitasi pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik online terhadap hasil belajar PPKn  peserta didik kelas III UPT SPF SDN Minasa Upa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian true eksperimental. Populasi dalam ini yaitu seluruh peserta didik di UPT SPF SDN Minasa Upa tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 471 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 peserta didik, yang terdiri dari 25 kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan 25 kelas IIIC sebagai kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media komik online didapatkan pada pretest nilai rata-rata sebesar 55,2 sedangkan pada posttest nilai rata-rata sebesar 82,6 dan nilai KKM tuntas pada pretest yaitu 5 peserta didik dengan persentase 20% sedangkan  nilai KKM tuntas yaitu frekuensi 25 peserta didik dengan persentase 100% peserta didik kelas III UPT SPF SDN Minasa Upa. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji- T menunjukkan syarat hasil t hitung > t tabel yaitu 3,338 > 2,016 dengan hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Media komik online berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas III UPT SPF SDN Minasa Upa.

Keywords


media komik online; PPKn; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali Purwanto. (2020). Metode Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djahiri, K. (2018). Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah Syaiful Bahri. (2020). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Dwitagama. (2018). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Hamalik, Oemar. (2019). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kusnandar. (2019). Guru Proffesional. Jakarta: PT TajaGrafindo Persada

Maharji. (2020). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Mulyasa. (2019). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. (2019). Media Pengajaran. Jakarta : Kencana

Riyanto, Yatim. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Jakarta:Media Group

Rumiati. (2018). Pendidikan PKn. Universitas Lampung.

Sanjaya. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2020). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, Agus. (2019). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. (2020). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

W Gulo. (2018). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Wiarto Giri. (2020). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Yogyakarta: Laksitas.

Yudhi. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Abdul Azis, Syamsuriyanti, Nurlianna. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKN dan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Pamer Pada Siswa Kelas V SDN NO 145 Inpres Bayowa Kabupaten Takalar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat Vol. 1, No. 3. DOI: https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i2.1203.

Ahmad Rohani. (2020). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Peserta didik Sma Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X, No. 2.

Agustyaningrum. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygosty: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.Vol 5 no 1. https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/download/1440/924.

Annisa. (2019). Penerapan Media Komik untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif dengan Metode Diskusi pada Peserta didik SMP Negeri Surakarta Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1. No.1

Asaman Limudin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Media Gambar Pada Pembelajaran PKn di Kelas III SDN Lokait. Jurnal Kreatif Online JKO Vol 5 No 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3769

Azis Abdul. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Value Clarification (VCT) Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. JPK Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 3(2), pp. 37-47 DOI: http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp37-47.

Fiti, Salsabila Aliya. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 7, No. 1, 2023 DOI 10.35931/am.v7i1.1756.

Heru, Dwi Waluyonto. (2020). “Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran”, Jurnal Nirmala Vol.7 No.1, h. 51.

Ina Magdalena. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didikSDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains vol 3 no 2 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Ingenura Maarti Hutami, Galuh Tisna Widiana, Aina'ul Mardliyah. (2021). Pengembangan Media Komik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038) Vol. 5, No. 1 (Juni 2021), Hal. 33-50. Website: Journal.Unipdu.ac.id/index.php/JPI/index.

I Gusti Putu Agung Artika Sedana, Ni Nyoman Ganing, Maria Goreti Rini Kristiantari. (2022). Mengembangkan E-Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4 No. 3. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2737668

Jumiati Nur, Andi Sugiati. (2018). Pengaruh Metode Inqury Discoveri Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Peserta didik Kelas III SDN 139 Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Etika Demokrasi. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=iMWzhikAAAAJ&citation_for_view=iMWzhikAAAAJ:u-x6o8ySG0sC.

Lutfikah Nurhasanah. (2020). Penggunaan Media Komik Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran ISSN: 2654-7198 Volume 03, Nomor 01.

Maharsi, Indiria. (2019). Penciptaan Komik Beber. ISI Yogyakarta: Jurnal Dekave, 02 (4) 31-42.

Maklonia Meling Moto. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.Indonesian Journal Of PrimaryEducation vol 3 no 1. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index.

Marinda Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikannya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13 (1), 116-152.

Musdalifah Syahrir. (2018). Penerapan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Peserta didik Kelas III SD Negeri Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Etika Demokrasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol III Januari No. 1 2018. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jed/article/view/1211/1110.

Rismawati, Rubianto. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Hasil Belajar Murid Kelas IV. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Vol 3 No 1.

Rismawati, Ibnu Hajar, Andi Sugiati. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. Al asma: Journal of Islamic Education, Vol 3 No 1, https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/21112/pdf

Rufa Hera, Rita Oktavia. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Dengan Bantuan Media Komik. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 14, No 1. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3350453

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/download/5798/4151.

Sitohang. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn melalui Penggunaan Media Edmodo pada Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 5 No 1. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4415

Suci, Y. T. (2018). Menelaah teori vygotsky dan interdependensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 231–239.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i1.22879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: