Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar Melalui Model Learning Community Berbasis Audio Visual

Hafsah Hafsah, Sumiati Sumiati

Abstract


Hasil belajar merupakan output proses pembelajaran yang dilakukan melalui evaluasi kemampuan kognitif, afektif dan ketarampilan siswa dalam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah factor psikis, fisik, social dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subyek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa untuk siswa kelas eksperimen dan 38 orang siswa kelas control sehingga totalnya 76 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan analisis document. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, dengan melakukan uji hipotesis, uji t dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis statistic pada uji Hipotesis terdapat korelasi yang signifikan dengan nilai FHitung 0.822 kemudian uji F table mencapai 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan sehingga berdampak adanya peningkatan hasil belajar PPKn sekolah dasar melalui model learning community berbasis audio visual. Serta, hasil analisis uji koefisien pada uji t sebesar 5,240 dan signifikansi 0,000. Dengan hasil itu dapat dianalogikan bahwa ada pengaruh sebesar 52,40% terhadap pembelajaran model learning community berbasis audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata Pelajaran PPKn, sedangkan 47,60% dipengaruhi oleh lainnya seperti kemampuan bawaan, keluarga, lingkungan dan budaya sekolah. Dengan demikian bahwa hasil belajar PPKn sekolah dasar melalui model learning community berbasis audio visual dapat berpengaruh siginifikan terhadap adanya peningkatkan hasil belajar PPKn.

 

Learning outcomes are the output of the learning process which is carried out through evaluating students' cognitive, affective and learning skills. Factors that influence student learning outcomes are psychological, physical, social and environmental factors. The method used in this research is quantitative with an experimental approach. The research subjects involved in this research were 38 students in the experimental class and 38 students in the control class for a total of 76 people. Data collection uses observation, tests and document analysis. Data analysis uses descriptive statistics, by conducting hypothesis tests, t tests and drawing conclusions. The results of this research show that the results of statistical analysis in the hypothesis test have a significant correlation with the Fcount value of 0.822, then the Ftable test reaches 0.32. This shows that there is a significant relationship that has an impact on improving primary school Civic learning outcomes through the audio-visual based learning community model. Also, the results of the coefficient test analysis on the t test are 5.240 and the significance is 0.000. With these results, it can be analogous that there is an influence of 52.40% on audio-visual based learning community model learning which can improve elementary school students' learning outcomes in Civics subjects, while 47.60% is influenced by others such as innate abilities, family, environment and culture. school. Thus, primary school Civic learning outcomes through an audio-visual based learning community model can have a significant influence on improving Civic learning outcomes.


Keywords


Meningkatkan; Hasil Belajar; PPKn; Learning Community; Audio Visual

Full Text:

PDF

References


A. Salsabila and P. Puspitasari, “Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar,” Pandawa, vol. 2, no. 2, pp. 278–288, 2020.

N. L. M. D. Ernawati, I. W. Sadia, and I. B. P. Arnyana, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-kecamatan Mengwi,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 4, no. 1, 2014.

F. D. Asriyanti and I. S. Purwati, “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teor. Dan Prakt. Pendidik., vol. 29, no. 1, pp. 79–87, 2020.

K. Ahmad and A. Hidayat, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PKn melalui Pembelajaran Learning Community pada Siswa Sekolah Dasar,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 8, no. 2, pp. 75–83, 2020.

H. Taukhid, “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Learning Community Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Babadan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 6, no. 2, 2016.

B. A. A. Dewi, “Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii. A Pada Mata Pelajaran Ppkn Melalui Metode Learning Community Di Smp Negeri 1 Pujut,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 2, 2023.

N. Kamakaula, D. Iswahyudi, and R. Romadhon, “Penerapan Metode Learning Community Dalam Upaya Menumbuhkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas 8A,” Garuda J. Pendidik. Kewarganegaraan Dan Filsafat, vol. 1, no. 4, pp. 14–23, 2023.

Y. Munazah, S. Sugianto, and S. E. Nugroho, “Model Learning Community Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Ipa Fisika Smp,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 4, no. 3, 2015.

E. L. Deci, R. J. Vallerand, L. G. Pelletier, and R. M. Ryan, “Motivation and education: The self-determination perspective,” Educ. Psychol., vol. 26, no. 3–4, pp. 325–346, 1991.

H. Jang, E. J. Kim, and J. Reeve, “Longitudinal test of self-determination theory’s motivation mediation model in a naturally occurring classroom context.,” J. Educ. Psychol., vol. 104, no. 4, p. 1175, 2012.

J. Reeve, “Self-determination theory applied to educational settings.,” E. L. Deci R. M. Ryan (Eds.), Handb. self-determination Res. (pp. 183–203). Rochester, NY Univ. Rochester Press, 2002.

G. C. Williams and E. L. Deci, “Internalization of biopsychosocial values by medical students: a test of self-determination theory.,” J. Pers. Soc. Psychol., vol. 70, no. 4, p. 767, 1996.

C. Levesque-Bristol et al., “Using selfdetermination theory to model the effects of student centeredness on the satisfaction of basic psychological needs, motivation and learning outcomes,” Manuscr. Prep., 2016.

C. Levesque-Bristol, T. D. Knapp, and B. J. Fisher, “The effectiveness of service-learning: It’s not always what you think,” J. Exp. Educ., vol. 33, no. 3, pp. 208–224, 2011.

C. M. Rupani and M. I. Bhutto, “Evaluation of existing teaching learning process on Bloom’s Taxonomy,” Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 109–118, 2011.

F. O. Rosa, “Analisis kemampuan siswa kelas X pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik,” Omega J. Fis. dan Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, pp. 24–28, 2015.

Z. Arifin, Evaluasi pembelajaran, vol. 8. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

R. DuFour, “What is a" professional learning community"?,” Educ. Leadersh., vol. 61, no. 8, pp. 6–11, 2004.

N. Dwinta and S. Sapriya, “The role of media quizizz in civics learning to increase learning motivation for elementary school students,” in International Conference on Elementary Education, 2021, pp. 194–198.

Trilling and Fadel, “21st century skills: learning for life in our times. Jossey Bass: USA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2009.

R. Lutan, “Belajar keterampilan motorik, pengantar teori dan metode,” Jakarta: Depdikbud, 1988.

T. D. Walker, Teach like Finland: 33 simple strategies for joyful classrooms. WW Norton & Company, 2017.

B. Lucas, “A five-dimensional model of creativity and its assessment in schools,” Appl. Meas. Educ., vol. 29, no. 4, pp. 278–290, 2016.

L. Izzah, D. N. Adhani, and S. F. Fitroh, “Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 62–68, 2020.

R. M. Gagne, W. W. Wager, K. C. Golas, J. M. Keller, and J. D. Russell, “Principles of instructional design.” Wiley Online Library, 2005.

A. Sadiman, Media Pendidikan; Pengertian, [1] A. Salsabila and P. Puspitasari, “Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar,” Pandawa, vol. 2, no. 2, pp. 278–288, 2020.

N. L. M. D. Ernawati, I. W. Sadia, and I. B. P. Arnyana, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Interaksi Teman Sebaya dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-kecamatan Mengwi,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 4, no. 1, 2014.

F. D. Asriyanti and I. S. Purwati, “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teor. Dan Prakt. Pendidik., vol. 29, no. 1, pp. 79–87, 2020.

K. Ahmad and A. Hidayat, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PKn melalui Pembelajaran Learning Community pada Siswa Sekolah Dasar,” Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 8, no. 2, pp. 75–83, 2020.

H. Taukhid, “Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pkn Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Teknik Learning Community Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri Babadan Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 6, no. 2, 2016.

B. A. A. Dewi, “Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii. A Pada Mata Pelajaran Ppkn Melalui Metode Learning Community Di Smp Negeri 1 Pujut,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 2, 2023.

N. Kamakaula, D. Iswahyudi, and R. Romadhon, “Penerapan Metode Learning Community Dalam Upaya Menumbuhkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas 8A,” Garuda J. Pendidik. Kewarganegaraan Dan Filsafat, vol. 1, no. 4, pp. 14–23, 2023.

Y. Munazah, S. Sugianto, and S. E. Nugroho, “Model Learning Community Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Ipa Fisika Smp,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 4, no. 3, 2015.

E. L. Deci, R. J. Vallerand, L. G. Pelletier, and R. M. Ryan, “Motivation and education: The self-determination perspective,” Educ. Psychol., vol. 26, no. 3–4, pp. 325–346, 1991.

H. Jang, E. J. Kim, and J. Reeve, “Longitudinal test of self-determination theory’s motivation mediation model in a naturally occurring classroom context.,” J. Educ. Psychol., vol. 104, no. 4, p. 1175, 2012.

J. Reeve, “Self-determination theory applied to educational settings.,” E. L. Deci R. M. Ryan (Eds.), Handb. self-determination Res. (pp. 183–203). Rochester, NY Univ. Rochester Press, 2002.

G. C. Williams and E. L. Deci, “Internalization of biopsychosocial values by medical students: a test of self-determination theory.,” J. Pers. Soc. Psychol., vol. 70, no. 4, p. 767, 1996.

C. Levesque-Bristol et al., “Using selfdetermination theory to model the effects of student centeredness on the satisfaction of basic psychological needs, motivation and learning outcomes,” Manuscr. Prep., 2016.

C. Levesque-Bristol, T. D. Knapp, and B. J. Fisher, “The effectiveness of service-learning: It’s not always what you think,” J. Exp. Educ., vol. 33, no. 3, pp. 208–224, 2011.

C. M. Rupani and M. I. Bhutto, “Evaluation of existing teaching learning process on Bloom’s Taxonomy,” Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci., vol. 1, no. 3, pp. 109–118, 2011.

F. O. Rosa, “Analisis kemampuan siswa kelas X pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik,” Omega J. Fis. dan Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, pp. 24–28, 2015.

Z. Arifin, Evaluasi pembelajaran, vol. 8. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

R. DuFour, “What is a" professional learning community"?,” Educ. Leadersh., vol. 61, no. 8, pp. 6–11, 2004.

N. Dwinta and S. Sapriya, “The role of media quizizz in civics learning to increase learning motivation for elementary school students,” in International Conference on Elementary Education, 2021, pp. 194–198.

Trilling and Fadel, “21st century skills: learning for life in our times. Jossey Bass: USA,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2009.

R. Lutan, “Belajar keterampilan motorik, pengantar teori dan metode,” Jakarta: Depdikbud, 1988.

T. D. Walker, Teach like Finland: 33 simple strategies for joyful classrooms. WW Norton & Company, 2017.

B. Lucas, “A five-dimensional model of creativity and its assessment in schools,” Appl. Meas. Educ., vol. 29, no. 4, pp. 278–290, 2016.

L. Izzah, D. N. Adhani, and S. F. Fitroh, “Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 62–68, 2020.

R. M. Gagne, W. W. Wager, K. C. Golas, J. M. Keller, and J. D. Russell, “Principles of instructional design.” Wiley Online Library, 2005.

A. Sadiman, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali pers, 2019.

E. Sumiyati, “penggunaan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas vi pada pelajaran pkn sd negeri 09 kabawetan,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 66–72, 2017.

K. Rowan, “Audio-visual Sources and Research into Modern British Politics,” in Politics and the Media, Elsevier, 1979, pp. 139–150.

S. Haryoko, “Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran,” J. Edukasi Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2009.

K. Syauqi, S. Munadi, and M. B. Triyono, “Students’ Perceptions toward Vocational Education on Online Learning during the COVID-19 Pandemic.,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 9, no. 4, pp. 881–886, 2020.

S. Stevı and H. Haryanto, “Need Analysis of audio-visual media development to teach digestive system for elementary school,” Int. Technol. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 22–29, 2020.

R. Wijiasih, R. Rusdarti, and P. Suhandini, “Application of Audio Visual Assisted Problem-based Learning Model on Problem-solving Ability, and Social Science Learning Motivation,” JESS (Journal Educ. Soc. Stud., vol. 8, no. 1, pp. 101–110, 2019.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),” Bandung Alf., 2015.

R. Darmawan, H. Hariyatmi, and S. Supriyanto, “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan Pelajaran PPKn Peserta Didik Kelas VI B Di SD Negeri 01 Tawangmangu,” Educ. J. Educ. Res., vol. 4, no. 1, pp. 19–26, 2022.

D. Setiawan, M. Fathurrahman, S. Sukarjo, and N. N. Hasanah, “Media audio visual mapel PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai masyarakat untuk siswa kelas v,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 49, no. 2, pp. 55–61, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v12i1.24723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: