Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram

Lisa Indriyanti, Arsyad Abd. Gani, Sintayana Muhardini

Abstract


Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran, khususnya pada siswa kelas I SD. Penelitian ini bertunjuan (1) untuk mengetahui desain media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 38 Mataram pada Tema 7 Sub tema 1 materi  benda hidup dan benda tak hidup disekitar kita (2) Untuk mengetahui kevalidan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 38 Mataram pada Tema 7 sub tema 1 materi benda hidup dan benda tak hidup disekitar kita. (3) Untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa pada materi benda hidup dan benda tak hidup sebelum menggunakan media puzzle dan setelah menggunakan media puzzle. Metode  penelitian yang digunakan peneliti adalah model ADDIE (anlisis, desain, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil test pada uji coba terbatas mendapatkan rata-rata nilai pre-test  65,83 dan rata-rata nilai post test sebesar 87,58. Hasil tes pada uji lapangan mendapatkan rata-rata nilai pre-tes sebesar 64,58 dan post-test sebesar 87,58. Hasil selisih pre-test dan post-test berdasarkan perhitumg rumus gain standar diperoleh nilai sebesar 0,63 baik yang didapat pada uji coba terbatas  maupun pada uji coba lapangan  sehingga peningkatan hasl belajar siswa berada pada posisi sedang (berdasarkan tabel gain standar).

The development of instructional media is a means that has a function to help students understand learning, especially in grade I SD students. This research aims (1) to determine the design of puzzle learning media in improving student learning outcomes in grade 1 SDN 38 Mataram on Theme 7 Sub theme 1 material on living objects and non-living objects around us (2) To determine the validity of puzzle media in improving student learning outcomes. grade 1 SDN 38 Mataram on Theme 7 sub theme 1 material on living things and non-living things around us. (3) This is to determine the difference in the level of student learning outcomes on living and inanimate objects before using puzzle media and after using puzzle media. The research method used by researchers is the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, & evaluation). The development of learning media has produced learning media products that have been declared valid by media design experts, material experts and learning practitioners. The test results in the limited trial obtained an average pre-test score of 65.83 and an average post-test score of 87.58. The test results on the field test get an average pre-test score of 64.58 and post-test of 87.58. The result of the difference between pre-test and post-test based on the standard gain formula, the value of 0.63 was obtained both in limited trials and in field trials so that the increase in student learning outcomes was in a moderate position (based on the standard gain table).

 


Keywords


Pengembangan; Media Puzzle; Meningkatkan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


S. Winanti, “Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD,” E-Jurnal Skripsi Progr. Stud. Teknol. Pendidik., 2015.

Y. D. M. Sari, “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Materi Pengambilan Keputusan Bersama untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas VA SDN Bojong Salaman 01 Semarang.” Universitas Negeri Semarang, 2016.

E. H. WH, R. E. Utami, and M. R. Rubowo, “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Card untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” in Seminar Nasional Pendidikan Sains V 2015.

L. A. Darmawan, F. Reffiane, and S. Baedowi, “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 14–17, 2019.

B. O. Aini, K. C. Ayu, and S. Siswati, “Pengembangan Game Puzzle Sebagai Edugame Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SD,” JTAM (Jurnal Teor. dan Apl. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 74–79, 2019.

T. D. Tarigas and R. Sahputra, “Pengembangan Media Crossword Puzzle Chemistry (Cropchem) pada Materi Struktur Atom di SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 3, no. 9, 2014.

R. Arif, “Pengembangan Media Permainan Puzzle Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tentang Penguasaan Kosakata Siswa Kelas II SDN Lidah Wetan IV Surabaya,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 3, 2017.

A. Fadhli, “Koleksi Games Seru dan Kreatif,” Yogyakarta: Pustaka Marwa, 2010.

I. N. Saidah and M. A. Nugroho, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash Cs5,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 13, no. 1, 2015.

S. Jamil, “56 Game Seru Untuk Keluarga,” Republika Penerbit, 2012.

T. A. Gumanti and S. Yunidar, “Metode Penelitian Pendidikan,” Jakarta: Mitra Wacana Merdeka, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

R. Khomsoh, “Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2013.

F. Cahyadi and M. I. Hernita, “Peningkatan keaktifan dan kemampuan berhitung melalui media puzzle pada anak,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, 2016.

Z. Lailatuz and A. Samawi, “Spelling Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunagrahita,” J. ORTOPEDAGOGIA, vol. 2, no. 1, pp. 16–20, 2018.

R. Jannah, A. W. Abdi, and D. Rahmani, “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Spelling Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Geogr., vol. 3, no. 3, 2018.

E. V. Sari and Y. Yurnetti, “Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang,” PILLAR Phys. Educ., vol. 11, no. 3, pp. 9–16, 2018.

I. A. Kusuma, “Pengembangan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 Sukomulyo Pujon Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: