Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 17 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 17 Surabaya. Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada kemerdekaan belajar dan pengembangan karakter, diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan rendahnya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan tahapan analisis kebutuhan, desain model, validasi ahli, uji coba terbatas, dan evaluasi. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 17 Surabaya, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik deskriptif untuk menghitung peningkatan skor pemahaman siswa, serta analisis kualitatif untuk menginterpretasi hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap Pendidikan Pancasila, dengan peningkatan skor rata-rata sebesar 25% pada uji coba terbatas. Simpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, sekaligus mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.
This study aims to develop a learning model based on the Merdeka Curriculum to enhance students' understanding of Pancasila Education at SMA Negeri 17 Surabaya. The Merdeka Curriculum, which emphasizes independent learning and character development, is expected to provide a solution to the problem of low student comprehension of Pancasila values. The research method employed is Research and Development (R&D), with stages including needs analysis, model design, expert validation, limited trials, and evaluation. Data were collected through observation, interviews, and student comprehension tests. The results indicate that the developed learning model effectively improves students' understanding of Pancasila Education, with an average score increase of 25% in the limited trials. The conclusion of this study is that the Merdeka Curriculum-based learning model can serve as an innovative alternative to enhance students' understanding of Pancasila values, while also supporting the implementation of the Merdeka Curriculum in schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model pembelajaran berbasis proyek dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 239-254. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/217
Humaira, Z. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Di Kota Banjarmasin. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 73-89. https://doi.org/10.19109/harpkt21
Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58-69. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3962
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161. https://edukatif.org/edukatif/article/view/3106
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881
Mulyanto, M., Rejokirono, R., & Purwanto, J. (2021). Implementasi Pembelajaran Sistem Among di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 145-152. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/11097
Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998-3009. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035
Rahmawati, S., Astuti, D., & Fadriati, F. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3026-3038. http://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1212
Santoso, R. R., & Soesanto, E. (2024). Integrasi Teknologi Informasi Dengan Nilai-Nilai Pancasila dan Pada Era Multikulturalisme. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 27-34. https://doi.org/10.5281/zenodo.11388129
Sari, A. M., Rakimahwati, R., Suryana, D., Jamna, J., & Jasrial, J. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Game Edukasi di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 130-140. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.598
Sartika, R., Maftuh, B., Nurdin, E. S., & Budimansyah, D. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menguatkan Kewargaan Digital. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(2), 266–276. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.10672
Setiawan, I. G. A. N., & Nyoman, G. A. (2008). Penerapan pengajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x2 sma laboratorium singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Suhari, S., Srinarwati, D. R., Irnawati, I., & Lestari, B. B. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme melalui Pemahaman Ideologi Pancasila dan Budaya Sadar Hukum. Manggali, 1(2), 196-206. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1774
Suhartono, S. (2019). Implementasi Nilai Musyawarah pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas dalam Pembelajaran PPKn Kelas IX di SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.4487
Suhartono, S., Arsana, I. W., Widyatama, P. R., & Fauzi, A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila SMA Negeri 17 Surabaya. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i1.1634
Suryanto, A., & Widyatama, P. R. (2025). The Role of the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Building Unity and Social Character in SMPN 9 Surabaya Students. Journal of Law and Humanity Studies, 2(1), 8-14. https://doi.org/10.59613/5jh4gq21
Yumandari, W., Hambali, H., & Haryono, H. (2024). Analisis Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di MA Diniyah Putri Pekanbaru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11942-11952. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6068
Zaman, A. Q. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya Selatan: Media pembelajaran kreatif, hasil belajar, IPS. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 11(20). https://doi.org/10.36456/bp.vol11.no20.a1356
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30082
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: