Implemetasi Metode Debat Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMKN 5 Mataram

Hafsah Hafsah, Isnaini Isnaini, Ratna Juwita

Abstract


Penelitian ini berdasarkan fenomena yang melatarbelakangi adanya sejumlah faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Antara lain penggunaan media dan metode pembelajaran konvensional sehingga tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagaimana yang selama ini dilakukan di kelas X Grafika di sekolah tepatnya di SMKN 5 Mataram. Pembelajaran dikelas membutuhkan metode pembelajaran yan berpusat pada siswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran debat yang dimana siswa dapat bekerja secara aktif dalam mengemukakan dan mengeluarkan pendapat, gagasan serta ide-ide yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses penggunaan metode debat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X Grafika SMKN 5 Mataram, dan kemudian mendeskripsikan faktor penghambat penerapan atau pengimplementasian metode debat terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui masalah yang muncul selama penerapan metode debat dikelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas X Grafika SMKN 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data meliputi sumber data primer, sekunder, dan tersier. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi atau penerapan metode debat mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat serta rasa keingintahuan lebih besar ketika ketika proses pembelajaran berlangsung. (2) faktor penghambat penerapan metode debat terhadap motivasi belajar dalah faktor keterbatasan waktu, kurangnya bahan referensi serta karakarter siswa yang berbeda-beda. (3) Solusi yang ditawarkan disini yaitu, sebelum penerapan metode debat dikelas guru diharapkan menyiapkan rangkaiannya seminggu sebelum metode debat diterapkan, kemudian yang kedua guru diharapkan memberi kebabasan kepada siswa untuk bebas mengakses materi dari internet kemudian yang ketiga terkait karakter siswa disini guru dituntut untuk lebih sabar lagi dalam menghadapi siswa

Keywords


Debat; Motivasis; Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Nasution. 2023. Metode penelitian kualitatif. Medan: cv. Harva creative.

Arikunto, S. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Adha Shafira. 2020. Pendidikan Keawrganegaraan. Magelang, Jawa Tengah: CV. Elaku sukses.

A.M Sardiman. 2018. Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Depok: Rajawali pers.

Eka Pradita, Rani Jayanti, Asih Andriyati Mardliyah, Engkin Suwandana, Linda. 2021. Berbahasa Produktif Melalui Keerampilan Berbicara, Teori Dan Aplikasi. Jawa Tengah: CV. Nasya Expanding Management.

Fauzi, I. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: Jember Press.

Fadillah, Mira. 2019. Seni Debat dan Negosiasi. Yogyakarta: Araska

Hidayatillah Yetti, dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru Dan Dosen Kretif, Surabaya: CV. Aksara Pres.

Hamdayana jumanta. 2017. Model dan Metode metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidika. Yokyakarta: ABSOLUTE MEDIA.

Nur Aidah Siti. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode Dan Medel Pembelajaran. Banguntapan, Bantul Jogjakarta: Tim Penerbit KBM Indonesia.

Novi Mayasari, Johar alimudin. 2023. Strategi Meingkatkan Motivasi Belajar Siswa. Purwokerto,Jawa tengah: Rizkuna.

Rahmat Hidayat, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan, Medan: LPPPI.

Ramdani, Yulia Rizki. Masrul, Rahmi, Rani rahim, Andy Febriana, juliana santy. 2020. Metode dan teknik pembelajaran inovatif. Yayasan kita menulis.

Sudjana, N. 2019. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SB.

Salamun, Syawaludin, Ana Widiya, Rini nafsiati, Janer Simarmata, Ester julinda, Yurfiah, Christa lotulung, M.Habibullah. 2023. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Lampung: Yayasan kita menulis.

Sutikno. 2020. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Taufik Abdillah Syukur, Siti Rafiqoh. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Patju Kreasi.




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: