Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Index Card Match Pada Pembelajaran Pendidikan pancasila Terhadap Hasil Belajar Kelas V UPT SPF SD Negeri Sangir Kota Makassar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209.
Budiman, I. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada Materi Larutan Penyangga. Kinerja Kependidikan, 2(3), 497–509.
Dahlia, Syawaluddin, A., & Khaerunnisa. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran aktif. Repository Universitas Negeri Makassar, 5(1), 1–17.
Damayanti, A. (2018). Authentic Materials For Teaching Reading. Journal of English Languange Teaching Learning and Literature, 1, 11–20.
Kartini, A., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila Dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 405–418. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.136.
Kasminah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran),3,1264–1272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7886.
Maulidiya, Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 393–400. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1882
Musthofa Akhyar, S., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546.
Nailati, R., Azis, A., & Syahrir, M. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keaktifan Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV UPT SPF SD Inpres Bontomanai. Jurnal PendidikanBerkarakter,2(2),43–68.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.
Rahim Ruspa, A., Sehe, Abidin, S., & Nirwana. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(1), 2023.
Silberman, Melvin L. 2009. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yongyakarta: Pustaka Insan Madani.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268.
Rahim Ruspa, A., Sehe, Abidin, S., & Nirwana. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Index Card Match Siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 9(1), 2023.
Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1315–1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553.
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: