Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Tinjau dari Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD Inpres Minasa Upa

A. Elfikasari, Abdul Azis, Syamsuriyanti Syamsuriyanti

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyesuaikan strategi pengajaran berdasarkan gaya belajar mereka. Namun, masih banyak pendidik yang belum menerapkan pendekatan ini secara optimal dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga motivasi belajar siswa belum maksimal yang mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang ditinjau dari gaya belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa dari kelas VB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan statistic deskriptif, uji normalitas dan uji-t (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi. Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa pendekatan ini memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi secara positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.


This study aims to determine the effect of a differentiated learning approach reviewed from the learning style on students' motivation and learning outcomes in the Pancasila Education subject in grade V of SD Inpres Minasa Upa. The research method used is a quantitative method with a One-Group Pretest-Posttest Design research design, namely research on one group without a control group. The results of the study showed that there was a significant increase in students' learning motivation after the implementation of differentiated learning. Students with a kinesthetic learning style experienced the highest increase in learning motivation. The results of the hypothesis test showed a Sig. (2-tailed) value of 0.001, which indicated a significant effect of the differentiated learning approach on students' learning motivation. This study concludes that differentiated learning that is adjusted to students' learning styles can increase motivation and learning outcomes optimally. Therefore, this approach is recommended to be applied in learning to improve the effectiveness of learning at the elementary school level.


Keywords


Differentiated Learning; Learning Style; Learning Motivation; Pancasila Education;

Full Text:

PDF

References


Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pncasila di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 132-140.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Komplikasi Konsep). CV. Pusdikra MJ.

Annisa, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azis, A., Arbaina Fariza, A., Fithriani Saleh, S., & Ekafitria Bahar, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAMER Berbantuan Video Animasi Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 13).

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Khasanah, I., & Alfiandra, A. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kelas ix di smpn 33 palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5324-5327.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Putri, S. A. A., & Purwosaputro, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 8 Semarang. 5(1).

Rachmadyanti, P., Savira, S. I., Kholidya, C. F., Winingsih, E., Komalasari, D., & Saroinsong, W. P. (2024). Pelatihan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 7(1).

Radila, I. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Gaya Belajar pada Materi Perbandingan Melalui Model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Pada Siswa SMP. In Skripsi.

Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka.

Raichanah, N., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen, 13(2), 122–128. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz

Ramdhani, R. S., Sarifuddin, D., & Darmawan, W. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1044–1049. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.1017

Rintayati, P. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Eureka Media Aksara.

Rukmi, D. A., Nisa, A. F., Yustina, A., Vitriani, D., & Nurhayati, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 798-810.

Startyaningsih, T., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(3).

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i1.30270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: