Efektivitas Google Sites dalam Pembelajaran Pancasila untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa di SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan Google Sites dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter mandiri siswa di tingkat SMP. Pendidikan Pancasila memiliki peranan yang sangat krusial dalam membangun karakter bangsa, dan pemanfaatan teknologi digital dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Google Sites dipilih sebagai platform untuk memperkenalkan konsep pembelajaran yang lebih interaktif, dengan harapan dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang mengandalkan data yang diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi dari kegiatan pembelajaran. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Sites dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memperkuat semangat belajar mereka, dan mendukung perkembangan karakter mandiri. Peningkatan terlihat pada kemampuan berkarya siswa, yang lebih aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas berbasis teknologi. Meskipun hasil yang diperoleh cukup positif, penelitian ini juga mencatat adanya tantangan, seperti rendahnya tingkat literasi digital di kalangan sebagian siswa dan terbatasnya akses internet, yang menghambat optimalisasi penggunaan Google Sites . Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pelatihan teknologi bagi guru dan siswa serta penyediaan akses internet yang lebih baik untuk memaksimalkan potensi pembelajaran berbasis teknologi.
This research aims to explore the effectiveness of integrating Google Sites in Pancasila Education as a tool to foster the development of students' independent character in junior high schools. Pancasila education holds a crucial role in shaping the national character of Indonesia, and in an effort to enhance the quality of learning, digital tools like Google Sites can provide an interactive and engaging learning environment. The study utilizes a qualitative descriptive approach, gathering data through direct observations, interviews with teachers and students, and the review of student assignments. The findings indicate that incorporating Google Sites into the learning process significantly increases student participation, motivation, and their ability to work independently. Moreover, students' creativity improved, as they became more proactive in completing technology-assisted tasks. However, the study also highlights challenges such as digital literacy gaps and limited internet connectivity, which hinder the full utilization of Google Sites in the learning process. The research underscores the need for teacher and student training, as well as improved internet infrastructure, to optimize the potential of technology-enhanced education.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, T. (2021). Efektivitas penggunaan media sains flipbook berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21.
Buhungo, T. J., Arbie, A., & Katili, S. (2024). Practicality of the OPthree Learning Model Assisted by Google Sites Based on Pancasila Student Profiles to Practice Students’ Scientific Literacy Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3017–3023.
Damayanti, A. M., & Dwitanto, M. F. (2022). The “Google Sites” as a Model Learning Start with a Question (LSQ) for the Students’ Questioning in Civics Department. International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022), 115–124.
Fakhrurriana, R., & Ningsih, W. A. (2023). Developing Digital English-Learning Supplementary Media for Students of Islamic Studies. Proceeding International Conference on Education, 369–376.
Fidian, A. (2020). The effectiveness of digital media for students’ writing abilities: A literature review. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(2), 137–142.
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285.
Hidayati, K., Rahmawati, A., & Wijayanto, D. S. (2024). Effectiveness of using google sites-based learning media to improve critical and creative thinking abilities of vocational school students. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(3), 632–640.
Husaeni, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Materi Pancasila Sebagai Dasar Negara Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Universitas Negeri Jakarta.
Indah, R. N., Toyyibah, T., Budhiningrum, A. S., & Afifi, N. (2022). The research competence, critical thinking skills and digital literacy of Indonesian EFL students. Journal of Language Teaching and Research, 13(2), 315–324.
Liando, N. V. F., & Martha, S. (2021). Digital Media and Students’ Writing Ability. Journal of Educational Method and Technology, 2(3).
Ng, D. T. K., Leung, J. K. L., Su, J., Ng, R. C. W., & Chu, S. K. W. (2023). Teachers’ AI digital competencies and twenty-first century skills in the post-pandemic world. Educational Technology Research and Development, 71(1), 137–161.
Permatasari, M., Murdiono, M., & Puspitasari, C. D. (2022). The use of google sites in civic education learning in the Covid-19 pandemic era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 288–302.
Rizaldi, D. R., Nurhayati, E., & Fatimah, Z. (2020). The correlation of digital literation and STEM integration to improve indonesian students’ skills in 21st century. International Journal of Asian Education, 1(2), 73–80.
Sousa, M. J., & Rocha, Á. (2019). Digital learning: Developing skills for digital transformation of organizations. Future Generation Computer Systems, 91, 327–334.
Sundari, S., Sudiyana, B., & Subiyantoro, S. (2024). Development of Google Sites-Based Websites as A Learning Media for Indonesian Language in Elementary Schools to Enhance Pancasila Students Profiles. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(4), 1573–1583.
Tohara, A. J. T., Shuhidan, S. M., Bahry, F. D. S., & Nordin, M. N. Bin. (2021). Exploring digital literacy strategies for students with special educational needs in the digital age. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(9), 3345–3358.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: