Efektivitas Pembelajaran Kooperatif STAD Berbasis Video Animasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis video animasi terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental, khususnya nonequivalent control group design. Sampel terdiri atas dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas eksperimen (VIII E) dan kelas kontrol (VIII F), masing-masing berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa angket kemandirian belajar yang telah divalidasi dan reliabel. Data dianalisis melalui uji prasyarat (uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene’s Test), diikuti dengan uji hipotesis menggunakan pooled variance t-test. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan rata-rata skor kemandirian belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 120,52 dan kelas kontrol sebesar 100,48. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbasis video animasi secara signifikan meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.
This study aims to examine the effectiveness of the Student Team Achievement Division (STAD) type cooperative learning model based on animated videos on students' learning independence in Civics subjects. The research used a quantitative approach with a quasi-experimental design, specifically a nonequivalent control group design. The sample consisted of two classes selected through purposive sampling technique, namely the experimental class (VIII E) and the control class (VIII F), each totalling 29 students. The research instrument was a validated and reliable learning independence questionnaire. Data were analysed through prerequisite tests (Shapiro-Wilk normality test and Levene's Test homogeneity test), followed by hypothesis testing using pooled variance t-test. The analysis results showed a significance value (sig. 2-tailed) of 0.000 <0.05, with an average score of student learning independence in the experimental class of 120.52 and the control class of 100.48. This finding indicates that the application of STAD learning model based on animated video significantly increases students' learning independence
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Purnomo, D. (2022). Pengantar Model Pembelajaran.
Amalia, A., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Pemanasan Global. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.46368/qjpia.v3i1.952
Ambiyar, A., Aziz, I., & Melisa, M. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1246–1258. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.367
Dan, K., & Emotional, P. (2024). 4 1234. 4(1), 250–256.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176
Istiqlal, M., & Hijrihani, C. P. (2020). Efforts To Improve Student’s Self-ConfidenceThrough The Student Teams Achievement Divisions Method. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 94–101. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatikaE:[email protected]
Kholiyah, A. S., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Pengaruh Media Loose Parts Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 141–149. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1540/893
Min, D. I., & Tangerang, K. (2024). Meningkatkan Student Well Being Pada Kelas Iv.
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26
Putrawangsa, S., & Dkk, siti N. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Issue April, pp. 1–107).
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sekolah, D. I., Atas, M., & Dahlan, U. A. (2024). Strategi layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandiria belajar siswa di sekolah menengah atas (sma). 542–557. Jurnal Pendidikan Penelitian Indonesia.https://doi.org/10.1007/s00412-015-05438.
Siswa, P. F. (2011). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe nht (. 2(September), 178–188.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Tesalonika., Parmiti, P., & Sudatha, W, D., (2022). Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 510–517. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52889
Tuto, M. F., & Iswahyudi, D. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial (Youtube) Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMP Negeri 17 Malang. Jurnal Manajmen, Akuntansi Dan Pendidikan, 241-250.https://doi.org/10.59971/jamapedik.v1i2.50
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji HomogenitasDan Uji Hipotesis). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yani, M., Rahmawati, A., & Wijayanti, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.875
DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v13i2.31300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_________________________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906
_______________________________________________
![]() | CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
______________________________________________
CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:
CIVICUS Editorial Office: